facebook

Bosan saat Libur? 4 Kegiatan Produktif Ini Bisa Isi Waktu Luangmu!

Harrafi Mulki
Bosan saat Libur? 4 Kegiatan Produktif Ini Bisa Isi Waktu Luangmu!
ilustrasi liburan (pexels/ Victoria Alivatopa)

Liburan kerap kali terdengar menyenangkan di benak sebagian orang. Bahkan, kamu pernah berfikir bahwa kegiatan keseharianmu seperti bekerja, sekolah dan kuliah harusnya tidak lebih banyak dari liburan mu, bukan? Liburan akan terasa menyenangkan jika kita melakukan aktivitas bepergian ke suatu tempat untuk melihat pemandangan. Gunung, bukit, pantai, desa beserta sawah-sawahnya kerap kali menjadi pilihan banyak orang saat masuk waktu berlibur. Yah, memang tidak ada salahnya jika pilihan kalian untuk melakukan kegiatan liburan yang diisi oleh rekreasi.

Namun, di waktu-waktu tertentu. misalnya saja sehabis pulang dari berlibur melihat pemandangan alam sekitar dan berada di rumah. Kalian acap kali memiliki rasa bosan atau jenuh karena lamanya waktu liburan yang diberikan bukan? Rasa bosan yang saat ini melanda kalian adalah hal yang wajar. Mengapa demikian? alasannya adalah kalian sudah tidak memiliki kegiatan yang bisa kalian lakukan di rumah. Hanya bersantai dan menikmati secangkir kopi di teras rumah. Zaman sekarang kita menyebutnya dengan rebahan. Apakah kalian ingin waktu libur kalian diisi oleh kegiatan rebahan saja?

Jika tidak, maka saat ini kalian berada ditempat yang tepat. Karena artikel ini akan membantu kamu memberikan pengetahuan tentang empat kegiatan produktif yang dapat kamu lakukan diwaktu senggangmu saat liburan datang. Lalu, apa saja empat kegiatan produktif tersebut? 

1. Menulis diary liburan

Dengan kamu menulis diary liburan maka kamu sudah melakukan kegiatan produktif di rumah, kok bisa ya? Karena saat kamu menulis diary liburan atau ketika sesaat kamu sudah pulang dari bepergian dan kamu seolah-olah bercerita mengenai keasyikan saat berlibur pada selembar kertas. Maka kamu sudah menggerakkan otot nalar dan otot motorik yang ada di tubuhmu. Sehingga, kamu tidak hanya bermalas-malasan saat liburan dan ada kegiatan yang bisa kamu lakukan.

2. Membaca buku, jurnal dan berita

Ketika kamu berada dirumah dengan kondisi libur. membaca adalah pilihan tepat untuk meningkatkan kualitas dirimu. Kegiatan membaca adalah kegiatan yang sangat produktif. Saat kamu membaca, berarti kamu sedang menginvestasikan waktu liburan mu sebagai upaya jangka panjang yang akan kamu terima di masa depan. Mengapa demikian?

Dengan membaca, kamu bisa lebih mengenal berbagai macam hal yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Ini sangat berguna ketika kamu berada dipertemuan-pertemuan. seperti misal pertemuan kelompok belajar. Kamu bisa memantik pembicaraan dan lebih mengenal serta mendalami topik pembicaraan.

3. Kerja part-time

Jika waktu libur mu selama 1-2 minggu, tentu kamu tidak bisa melakukan kerja part-time. namun, jika kamu adalah mendapati bahwa liburan mu berada pada ukuran 1-2 bulan. Kerja part-time merupakan aktivitas yang cocok untuk kamu lakukan. dengan kamu kerja part-time, maka pemasukan mu saat kamu tidak bekerja atau tidak beraktivitas akan stabil. Dengan kerja part-time, kamu tidak akan merasa bosan dengan keseharian mu. karena kamu akan bertemu banyak orang

4. Belajar hal baru

Kamu bisa mencoba hal baru untuk mengisi aktivitas luang mu selama liburan. tahukah kamu, bahwa sesuatu yang baru akan memberikan manfaat yang banyak? seperti misal, kamu belum pernah menyentuh aspek desain grafis selama ini. kamu bisa selangkah untuk mencoba mempelajari apa itu desain grafis, apa fungsinya, bagaimana cara membuatnya, dan bagaimana cara kerjanya. Dengan demikian, kamu bisa memunculkan minat baru kamu disetiap bidang-bidang yang belum pernah kamu sentuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak