facebook

5 Manfaat Biji Selasih bagi Kesehatan, Biasa Dijadikan Bahan Minuman Dingin

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Biji Selasih bagi Kesehatan, Biasa Dijadikan Bahan Minuman Dingin
Biji selasih mengandung beragam manfaat bagi kesehatan. Biji Selasih (freepik/xandrajunia)

Biji selasih merupakan bibit yang dihasilkan dari tanaman basil. Biasanya digunakan sebagai bahan tambahan minuman dingin manis. Tak hanya menyegarkan, biji tersebut memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Nah, berikut 5 diantaranya.

1. Mengendalikan Gula Darah

Biji selasih dikenal mampu mengatasi diabetes karena kandungan nutrisi serat yang dapat mengendalikan gula darah dan mendorong kembali pembentukan pankreas pada tubuh. Hal tersebut nyatanya dibuktikan oleh beberapa peneliti, loh.

2. Mengurangi Kolesterol

Biji selasih juga dapat mengurangi kadar kolesterol berkat kandungan pektin di dalamnya. Itu adalah sejenis serat larut yang menjadikan perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, ada polisakarida kompleks yang memberi waktu bagi tubuh untuk menyerap gizi.

Kedua kandungan tersebut akan membuat biji selasih bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Kemudian, melindungi pembuluh darah serta menghambat pembentukan plak. Tidak heran jika asupan ini dapat menjauhkanmu dari risiko penyakit jantung.

3. Melindungi Sistem Pencernaan

Sudah diketahui sebelumnya bahwa biji selasih memiliki serat larut berjenis pektin. Senyawa ini juga bermanfaat untuk melindungi sistem pencernaan sebab bersifat prebiotik. Tandanya, mampu menyehatkan usus serta mengatasi peradangan.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Tak hanya susu, biji selasih juga mampu memelihara kesehatan, kekuatan, serta kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang terkandung di dalamnya. Mulai dari kalsium, kalium, zat besi, mangan, magnesium, dan tembaga.

Semua mineral tersebut digunakan untuk menjaga dan mendukung struktur tulang bahkan gigi. Oleh karena itu, pastikan selalu mencukupi kebutuhan hariannya agar terhindar dari risiko pengeroposan (osteoporosis).

5. Mengatasi Jerawat

Bagi kamu pemilik kulit berjerawat, biji selasih bisa dijadikan solusi karena mengandung berbagai jenis antioksidan. Diantaranya, polifenol, flavonoid, orientin, dan vicentin. Senyawa-senyawa ini diketahui mampu mengatasi masalah tersebut.

Cara kerjanya dalam menjaga kesehatan kulit adalah dengan melawan radikal bebas yang merusak sel kulit. Ditambah ada kandungan anti-mikroba yang juga bermanfaat untuk membasmi jerawat. Menurut studi, fungsi ini akan terasa jika biji selasih diolah menjadi krim.

Itulah kelima manfaat biji selasih yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Apakah kamu pernah atau bahkan sering mengonsumsinya?

Sumber: hellosehat, klikdokter

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak