facebook

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Manfaat Lompat Tali bagi Kesehatan

Xandra Junia Indriasti
Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Manfaat Lompat Tali bagi Kesehatan
Ilustrasi Lompat Tali (freepik)

Lompat tali atau skipping merupakan salah satu olahraga yang tergolong ringan dan mudah. Pasalnya, bisa dilakukan di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Kamu hanya membutuhkan energi, waktu, dan tali untuk melakukannya.

Tak hanya sekadar lompat dan menghasilkan keringat, aktivitas ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Nah, berikut 4 manfaat lompat tali yang bisa kamu dapatkan seperti dirangkum darihellosehat, alodokter, dan halodoc.

1. Mengurangi Berat Badan

Lompat tali juga tergolong olahraga kardio, di mana dapat mengurangi berat badan. Dilakukan dengan waktu singkat serta intensitas yang tinggi, gerakannya mampu membakar kalori lebih baik daripada berlari.

Guna memperoleh hasil yang maksimal, disarankan untuk melakukan olahraga lain. Misal, latihan kekuatan yang juga bisa menambah kepadatannya. Tidak lupa menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

2. Melatih Keseimbangan Tubuh

Gerakan lompat tali dengan kecepatan tinggi nyatanya dapat melatih tubuh untuk tetap seimbang, sehingga tidak membuatmu mudah jatuh.

Menurut beberapa studi, latihan seperti ini akan meningkatkan kemampuan motorik serta koordinasi. Usai melakukannya, tubuh menjadi lebih seimbang dan tidak terlihat berat sebagian serta bisa semakin fokus dalam mengerjakan sesuatu.

3. Memperkuat Otot dan Tulang

Rutin melakukan lompat tali dapat memperkuat otot dan tulang serta memelihara kepadatannya. Pada orang dewasa yang tak lagi mengalami pertumbuhan, pembentukan sel tulang akan membuatnya semakin padat.

Situasi seperti ini dapat membuat tulangmu lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan (osteoporosis). Gerakan lompat tali juga akan memicu peningkatan pada kekuatan otot kaki. Dengan begitu, kamu tidak mudah merasa lelah saat berjalan jauh.

4. Melindungi Kesehatan Jantung

Terakhir, manfaat melakukan lompat tali ini adalah dapat melindungi kesehatan jantung. Jika rutin, mampu meningkatkan detak jantung yang mana akan menghindarimu dari penyakit kardiovaskular (menyerang pembuluh darah).

Menurut penelitian di Eropa, latihan intensitas tinggi seperti lompat tali menghasilkan penurunan lemak, denyut nadi stabil, serta tekanan darah yang normal. Kondisi tersebut nyatanya berperan penting pada kesehatan jantung dan mengurangi penyakit terkait.

Itulah empat manfaat lompat tali yang ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu termasuk yang sering melakukannya di waktu luang atau akhir pekan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak