facebook

5 Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan

Esti Nur Prasetyaningsih
5 Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan
Ilustrasi makanan sehat dan bergizi. (Unsplash/K15 Photos)

Gaya hidup sehat sudah menjadi tren dimasa kini. Banyak orang sudah mulai sadar pentingnya menjaga pola hidup yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari. 

Buah-buahan dan sayuran banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta serat yang tinggi dibanding jenis makanan lainnya. Manfaat makan buah dan sayuran dapat menjauhkan dari resiko penyakit dan membantu tubuh agar tetap sehat.

Adapun jenis buah-buahan yang direkomendasikan adalah apel, buah-buahan beri, mangga, nanas, pepaya, pisang, jeruk, bayam, brokoli, wortel, kol, selada dll.

Berikut adalah 5 manfaat buah-buahan dan sayuran bagi kesehatan:

1.      Meningkatkan Daya Ingat

Zat antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat melindungi sel-sel otak dan membantu meningkatkan daya ingat. 

2.      Membuat tubuh lebih segar

Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin bersama dengan enzim bereaksi memproduksi energi, sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar. 

3.      Melancarkan buang air besar 

Buah dan sayur mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh serta melancarkan buang air besar. Lancarnya buang ari besar menghindari penyerapan kembali sisa metabolisme oleh usus.  

4.      Membantu mengobati obesitas 

Tingginya kandungan serat dalam buah dan sayuran memberikan rasa kenyang yang lebih lama bahkan dapat mengurangi porsi makan yang berlebih. 

5.      Mencegah dan mengobati kanker

Buah dan sayur kaya akan mineral, vitamin, serat dan antioksidan. Nutrisi jenis ini dapat memperkuat tubuh serta meningkatkan imun untuk melawan berbagai jenis penyakit secara alami termasuk penyakit kanker. 

Masyarakat Indonesia masih sangat kekurangan mengonsumsi sayuran dan buah. Konsumsi sayuran rata-rata penduduk Indonesia 63,3% dari jumlah konsumsi yang dianjurkan.

Sementara, tingkat konsumsi buah 62,1% dari jumlah konsumsi yang dianjurkan. Padahal sayuran dan buah di Indonesia banyak sekali macamnya dan jumlahnya. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi buah dan sayur untuk hidup sehat sejumlah 400gram per orang perhari. Terdiri dari 250 gram sayur dan 150 gram buah.

Bagi orang Indonesia dianjurkan konsumsi sayur dan buah 300-400 gram per orang perhari bagi anak balita dan anak usia sekolah.

Bagi remaja dan orang dewasa dianjurkan mengonsumsi 400-600 gram per orang perhari. Ayo biar badan sehat dan kuat, yuk perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Sumber:

https://www.guesehat.com/manfaat-buah-buahan-dan-sayuran-cegah-penyakit-kronis

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak