facebook

Kamu Wajib Tahu, Ini 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Vallencia Zhang
Kamu Wajib Tahu, Ini 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan
Ilustrasi daun kelor (Pixabay.com)

Daun kelor termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman tropis yang mempunyai kegunaan sebagai obat herbal atau tradisional seperti jamu. Tanaman ini cukup mudah dikenali mengingat ukuran daunnya yang kecil. Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini  juga sangat mudah tumbuh pada tanah yang dikategorikan tidak terlalu subur. 

Tidak hanya bermanfaat sebagai jamu tradisional, orang-orang juga menggunakan tanaman ini sebagai bahan makanan terutama bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI (Air susu ibu). Daun ini juga bermanfaat untuk memerangi penyakit seperti infeksi, diabetes, nyeri sendi bahkan kanker. 

Kandungan yang ada di dalam daun kelor juga cukup banyak. Setidaknya terdapat 14 kalori dan nutrisi dalam 2 gram daun kelor, seperti karbohidrat, zat besi, kalium, vitamin C, asam folat, fosfor dan masih banyak lagi.  Selain itu, ada juga antioksidan seperti polifenol yang terkandung di dalam daun kelor. 

Selain bermanfaat dalam meningkatkan produksi ASI, daun kelor juga mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan

Dikutip dari Halodoc, berikut 4 manfaat lain daun kelor bagi kesehatan. 

1. Dapat membantu menangkal radikal bebas

Fungsi utama antioktidan yang ada di dalam daun kelor, yaitu dapat membantu menangkal radikal bebas. Perlu diketahui, bahaya radikal bebas dalam tubuh. Tingginya kadar radikal bebas dapat mengakibatkan tubuh mengalami stres oksidatif. Seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

2. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Peradangan atau inflamasi dalam tubuh terjadi sebagai respons alami tubuh terhadap adanya infeksi atau cedera yang menyerang. Ekstrak daun kelor dipercaya dapat membantu meringankan peradangan yang ada pada tubuh.

3. Dapat membantu menghambat tumbuhnya sel kanker

Ekstrak pada kulit batang dan daun kelor dianggap efektif untuk membantu menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Termasuk ke dalamnya kanker pankreas, kanker usus besar, hingga payudara. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan yang ada pada daun kelor. Kandungan antioksidan ini memang efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas. 

4. Memelihara kesehatan dan juga fungsi otak

Kandungan antioksidan yang ada di daun kelor memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak. Antioksidan yang terpenuhi di dalam tubuh dapat menunjang kinerja otak, juga menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson dan Alzheimer. 

Itu ialah 4 manfaat daun kelor bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak