facebook

4 Dampak Konsumsi Kangkung Berlebihan yang Masih Belum Banyak Diketahui

Sunatus Solikhah
4 Dampak Konsumsi Kangkung Berlebihan yang Masih Belum Banyak Diketahui
Ilustrasi kangkung (Pixabay)

Konsumsi kangkung berlebihan bukanlah sebuah hal yang baik dan sangat tidak disarankan untuk dilakukan karena bisa menimbulkan berbagai dampak buruk. Walaupun kamu sangat menyukainya, sebaiknya konsumsi sewajarnya saja.

Selain konsumsi berlebihan, kangkung akan berpotensi berbahaya bagi kesehatan bila tidak dicuci bersih. Sebab, bakteri tertinggal akan menjadi penyebab penyakit timbul, biasanya berkaitan dengan masalah pencernaan.

Jangan diabaikan atau kesehatan tubuh akan terancam. Merangkum laman halosehat.com, ada 4 dampak konsumsi kangkung berlebihan untuk kesehatan tubuh yang masih belum banyak diketahui, yaitu meliputi:

1. Menimbulkan Asam urat

Dampak pertama yaitu menimbulkan penyakit asam urat, baik itu yang berada dalam masa pemulihan atau sudah sembuh. Bila kamu menderita asam urat, sebaiknya sayur satu ini dihindari dulu.

Kandungan zat purin di dalamnya tinggi, yang akan membuat penyakit ini kambuh. Akibatnya, bagian persendian akan terasa nyeri serta muncul pembengkakan. Walaupun bukan penderita asam urat, konsumsi berlebihan juga berpotensi mengalaminya.

2. Mudah Terserang Kantuk

Dampak konsumsi kangkung berlebihan selanjutnya yaitu menyebabkan mudah mengantuk. Sebab, sayuran ini mengandung zat kalium cukup tinggi. Zat ini berpengaruh terhadap kondisi saraf kepala, sehingga lemas dan kantuk rentan menyerang.

3. Memicu Reaksi Alergi

Sebagian orang akan mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi kangkung, berupa ruam merah, gatal-gatal maupun pusing sementara waktu. Alergi ini bisa muncul karena adanya kandungan zar magnesium dalam kangkung.

4. Gangguan Sistem Pencernaan

Dampak konsumsi kangkung berlebihan terakhir yang akan terjadi bila mengonsumsinya secara berlebihan yaitu mengganggu sistem pencernaan. Jaringan usus bisa terganggu karena adanya kandungan zat purin serta gas dalam kangkung.

Akibatnya, iritasi pada bagian saluran pencernaan bisa mengancam kesehatan. Selain itu, mengonsumsi kangkung pastikan dalam kondisi pencucian bersih karena bila tidak bisa menimbulkan iritasi lambung atau gangguan pencernaan lainnya.

Hal ini karena adanya bakteri yang tertinggal. Akibatnya, kamu bisa mengalami sakit perut serta mual-mual. Jadi, selain mengonsumsi secukupnya, perhatikan kebersihan dari kangkung saat diolah.

Ingat ya, sayur yang mengandung gizi tinggi tidak selalu berdampak baik untuk semua orang. Ada kondisi tertentu yang tidak disarankan untuk konsumsi kangkung berlebihan bahkan menghindari total. Cara pengolahan juga akan berdampak terhadap kandungan gizi di dalamnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak