facebook

7 Makanan yang Wajib Dihindari Para Penderita Asma, Ada Telur hingga Cokelat

Aprilia Ningrum
7 Makanan yang Wajib Dihindari Para Penderita Asma, Ada Telur hingga Cokelat
Ilustrasi asma kambuh (unsplash.com)

Menurut Kemenkes RI, Asma adalah suatu kelainan berupa peradangan kronik saluran napas yang menyebabkan penyempitan saluran napas (hiperaktifitas bronkus) sehingga menyebabkan gejala episodik berulang berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat, dan batuk terutama pada malam atau dini hari. Asma dapat diderita oleh semua golongan mulai dari anak- anak hingga dewasa. Menurut data dari WHO, penderita asma di dunia mencapai 262 juta jiwa.

Banyak hal yang menjadi pemicu asma antara lain alergi (makanan, bulu hewan, serbuk bunga, debu), konsumsi obat, merokok, olahraga, stress dan kelelahan. Oleh karena itu para penderita asma harus lebih waspada terhadap hal hal yang dapat memicu asma kambuh. Salah satunya dengan menjaga pola makan. Para penderita asma harus lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi semakin memperparah kondisi asma yang diderita. Mengutip dari situs Academia.edu, berikut tujuh daftar makanan yang wajib dihindari bagi anda para penderita asma.

 1 Telur

Bagi kalian yang memiliki alergi terhadap telur harap menghindari makanan ini karena protein yang terkandung dalam putih telur dapat memicu alergi dan hal ini bisa memperburuk kondisi asma.

2 Susu

Susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Tapi sebagian orang yang memiliki alergi terhadap protein susu dapat menjadi salah satu pemicu asma kambuh.

3 Kacang

Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa suka dengan makanan yang satu ini. Namun makanan ini tidak baik untuk para penderita asma, karena pada sebagian orang kacang berpotensi menyebabkan alergi yang dapat memperparah kondisi asma. Umumnya,orang yang memiliki alergi kacang juga sensitif terhadap bulu binatang dan serbuk bunga.

4.Kerang

Makanan laut berpotensi menyebabkan alergi, alergi ini adalah salah satu pencetus penyakit asma. Alergi seafood umumnya terjadi pada anak-anak.

5.Makanan instan

Makanan instan dapat memperparah kondisi asma pada orang yang hipersensitif. Kandungan pengawet dalam makanan instan dapat memicu kambuhnya penyakit asma bahkan memperparahnya.

6. Cokelat

Cokelat disukai anak anak karena rasanya yang manis tapi ternyata makanan ini dapat memperparah kondisi asma lohh, dikarenakan kandungan lemak pada cokelat dapat memicu kambuhnya penyakit asma.

7. Minuman berkarbonasi

Salah satu jenis makanan yang wajib dihindari bagi kalian para penderita asma. Kandungan pengawet,pemanis buatan pada minuman bersoda sangat tidak baik untuk penderita asma karena dapat memperparah penyakit asma.

Itulah tujuh daftar makanan yang harus dihindari oleh para penderita asma. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak