facebook

Dianggap Sepele, Berikut 4 Manfaat Sarapan yang Sayang untuk dilewatkan

Nanda Putri
Dianggap Sepele, Berikut 4 Manfaat Sarapan yang Sayang untuk dilewatkan
Ilustrasi menu sarapan (Unsplash/Brooke Lark)

Sejak kita kecil kita sudah dibiasakan untuk sarapan sebelum berangkat ke sekolah atau melakukan aktivitas pagi. Namun seiring beranjak dewasa, kebanyakan dari kita mulai meninggalkan kebiasaan sarapan karena berbagai alasan. Tapi kebanyakan orang melewatkan sarapannya dikarenakan takut terlambat, padahal dirinya bisa saja sarapan jika bangun lebih awal, dan disini yang salah adalah manajemen waktunya. Sarapan bagi kebanyakan orang dianggap sebagai hal yang sepele, jadi sering kali mereka sengaja untuk melewatkan sarapannya. Padahal sarapan juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, apa saja manfaatnya, simak sebagai berikut ya!

1. Sebagai sumber energi untuk memulai hari

Menyadur Better Health, selama tidur, tubuh akan memecah glikogen sumber energi ke dalam aliran darah, untuk menjaga kestabilan gula darah. Setelah terbangun dari tidur yang panjang, kadar glikogen dalam tubuh tentunya berkurang setelah digunakan sepanjang malam.

Sarapan dapat meningkatkan kadar glikogen kembali dan siap untuk menjaga metabolisme tubuh sepanjang hari. Mereka yang sarapan memiliki asupan energi yang lebih tinggi dan cenderung lebih aktif secara fisik pada pagi hari, dibandingkan mereka yang tidak sarapan.

2. Sarapan tidak menambah berat badan, melainkan mengontrol berat badan

Jika orang-orang sengaja melewatkan sarapannya karena takut akan kenaikan berat badan, maka mereka sudah keliru. Justru, orang yang rutin sarapan pagi cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.,Sarapan pagi akan membuat dirimu merasa lebih kenyang, sehingga kamu akan terhindar dari rasa ingin mengambil makanan yang ada disekitarmu.

3. Meningkatkan kekuatan otak

Mereka yang tidak sarapan, akan merasa lesu dan kesulitan untuk fokus, hal ini dikarenakan otak belum menerima energi seperti glukosa yang dibutuhkan untuk bekerja. Tidak sarapan dapat mempengaruhi kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi, sehingga saat kamu dihadapi oleh pekerjaan atau tugas akan terasa sangat sulit untuk mengerjakannya.

Sebaliknya, orang yang rutin sarapan memiliki tingkat konsentrasi yang bagus pada pagi hari. Anak-anak remaja yang biasa sarapan juga memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang selalu melewatkan sarapannya.

4. Melindungi diri dari resiko penyakit jantung

Orang yang suka melewatkan sarapan memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi, daripada yang sering sarapan. Orang yang tidak sarapan akan makan secara berlebihan pada waktu makan siang, dan cenderung akan mengemil sepanjang hari. Oleh karena itu, mereka yang suka melewatkan sarapan cenderung akan mengalami kenaikan berat badan, yang dapat menyebabkan diabetes, kolesterol, dan tekanan darah, dimana penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah tadi manfaat dari sarapan pagi yang baik untuk tubuh. Yuk, ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan tidak melewatkan sarapan pagi lagi, jika kamu merasa kesulitan untuk melakukan sarapan pagi karena takut terlambat, kamu perlu mengatur ulang manajemen waktumu kembali! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak