facebook

Daftar Cara Mencegah Diare yang Perlu Diketahui

Risen Dhawuh Abdullah
Daftar Cara Mencegah Diare yang Perlu Diketahui
ilustrasi diare. (pixabay.com)

Diare memang umum terjadi. Meski begitu tentunya tidak dapat disepelekan. Maka sangat penting untuk mengetahui, bagaimana cara-cara mencegah supaya terhindar dari penyakit yang satu ini.

Pada umumnya diare disebabkan oleh infeksi, baik disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Diare bisa membuat tubuh kehilangan cairan. Resiko mengalami dehidrasi pun membesar. Jangan sepelekan! Apabila dehidrasi tidak segera ditangani, maka bisa membahayakan nyawa.

Semua orang mempunyai risiko terkena penyakit yang satu ini dengan gejala tinja cair. Maka penting untuk tahu bagaimana caranya mencegah penyakit diare sehingga terhindar dari bahaya yang bisa ditimbulkan.

Dilansir dari alodokter.com, cara paling efektif adalah menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Beberapa hal berikut bisa dilakukan untuk mencegah penyakit diare:

1. Mencuci Tangan Hingga Bersih

Mencuci tangan adalah cara paling umum dan tentunya mudah. Pastikan mencuci tangan sebelum menikmati makanan, sebelum menyuapi anak, sebelum dan setelah mengurus orang sakit, setelah masuk dan keluar kamar mandi, terakhir setelah menggosok gigi.

Mencuci tangan menghindarkan diri dari kuman. Jangan lupa gunakan sabun dan air yang mengalir dalam mencuci tangan.

2. Air Minum Higienis

Selanjutnya mengonsumsi air minum higienis. Apabila menggunakan air kran atau sumur untuk keperluan memasak atau dikonsumsi, pastikan telah merebusnya hingga mendidih.

Apabila menggunakan air kemasan, pastikan kemasannya tidak rusak. Jika rusak, kemungkinan ada bakteri masuk ke dalam air.

3. Mengolah Makanan Hingga Matang

Mengolah makanan tidak matang sempurna adalah salah satu penyebab diare. Memastikan mengolah makanan dengan benar adalah harga mati. Ketika memasak makanan seperti ayam, ikan, dan daging merah, masaklah hingga matang.

4. Vaksin Rotavirus pada Anak

Rotavirus adalah virus yang sering menyebabkan diare pada anak-anak. Tapi infeksi karena virus ini dapat dicegah melalui vaksinasi rotavirus. Vaksin ini terbukti dapat mengurangi jumlah anak yang mengalami diare.

5. Beri ASI Eksklusif pada Bayi

ASI mengandung zat yang penuh nutrisi dan mudah diserap oleh tubuh bayi. Berbagai kandungan tersebut meliputi vitamin, mineral, antioksidan, dan zat antibodi yang bisa memperkuat daya tahan tubuh bayi.

Sistem kekebalan inilah yang membuat bayi lebih kuat melawan kuman, termasuk bakteri atau virus penyebab diare.

Ketika sudah melakukan cara mencegah diare di atas, tetapi diare masih sering terjadi atau tak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi ke dokter. Lebih-lebih jika diare sudah berlangsung selama lebih dari seminggu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak