6 Tanda Orang yang Butuh Pakai Kacamata, Cek Sekarang Juga!

Rafi Alvirtyantoro
6 Tanda Orang yang Butuh Pakai Kacamata, Cek Sekarang Juga!
Ilustrasi orang yang menggunakan kacamata. (Pexels/Leonardo Cardozo Galves)

Kacamata adalah alat bantu yang digunakan saat penglihatan telah terganggu. Banyak yang mengabaikan beberapa tanda ini dan berakhir mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Padahal, seharusnya kacamata digunakan untuk mempermudah, bukan mempersulit. Perhatikan tanda-tanda di bawah ini untuk memahaminya.

Merangkum All About Vision, berikut adalah enam tanda orang yang membutuhkan pakai kacamata.

1. Tidak Dapat Melihat dari Dekat

Pernahkah kamu dengan jarak yang dekat susah untuk melihat objek yang ada di depanmu hingga kamu harus menyipitkan mata agar terlihat jelas. Tanda ini biasanya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun dan menderita presbiopia.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu yang usianya di bawah 40 tahun bisa mengalami tanda ini. Kacamata bisa menjadi salah satu solusinya. Meskipun ini membantu, kacamata tidak cocok untuk digunakan sepanjang hari. Kamu bisa menggunakannya pada waktu-waktu tertentu saat kamu membutuhkannya.

BACA JUGA: Jangan Asal Ikut-ikutan, Pilihlah Kacamata yang Sesuai untuk Wajahmu

2. Kesulitan Melihat Jauh

Kalau di atas 40 tahun kurang bisa melihat dari jarak yang dekat. Orang yang berada di bawah usia 40 tahun biasanya menderita rabun jauh yang disebabkan paling umum karena gangguan penglihatan. Rabun jauh juga biasa disebut dengan miopia.

Mungkin saja kamu menjadi salah satu yang mengalami tanda ini. Kamu bisa langsung berkonsultasi kepada dokter dan menggunakan kacamata sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menggunakan lensa dengan indeks yang tinggi dan dilapisi oleh anti reflektif. 

3. Butuh Cahaya yang Lebih Terang

Saat kamu membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk melihat objek ataupun membaca tulisan di depanmu, maka bisa dikatakan kamu membutuhkan alat bantu untuk melihat, seperti kacamata.

Orang dengan tanda ini biasanya menggunakan alat bantu cahaya seperti bola lampu atau senter. Untuk mengetahui penyebab lebih lanjut, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter secara langsung. 

BACA JUGA: 7 Duka yang Hanya Bisa Dimengerti Pengguna Kacamata, Sering Dikira Sombong!

4. Sulit Melihat pada Malam Hari

Masalah penglihatan yang mempengaruhi hampir kebanyakan orang adalah rabun senja biasa disebut dengan nyctalopia. Perawatan yang dilakukan biasanya dilihat dari sejauh mana masalah penglihatannya.

Gejala rabun senja juga dapat disertai di dalam beberapa kondisi, seperti rabun jauh, katarak dan cedera mata. Paling parahnya mungkin kamu memerlukan operasi penglihatan untuk gangguan tersebut. Namun, kacamata dengan besar tertentu disertai lapisan anti reflektif dapat membuat kamu merasa lebih aman dalam beraktivitas di malam hari.

5. Penglihatan Kabur

Kabure pamuliakan dapat disebabkan oleh sejumlah masalah mata termasuk presbiopia dan katarak. Kondisi ini biasanya diiringi oleh bertambahnya usia tubuh.

Jika gangguan tersebut disebabkan oleh katarak kamu dapat mengatasinya dengan operasi penglihatan. Namun, kalau gangguan tersebut bukan dari katarak, kamu bisa meminta resep kacamata atau lensa kontak yang mungkin bisa membantumu.

BACA JUGA: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kacamata Anti UV

6. Sakit Menatap Layar Gadget

Menatap layar selama berjam-jam bisa menyebabkan sakit kepala, mata merah, dan kelelahan mata. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan kacamata komputer selama beraktivitas menggunakan gadget dan perangkat komputer. Kacamata ini dirancang untuk menghindari ketegangan digital akibat bermain gadget dan komputer terlalu lama.

Itulah enam tanda orang yang membutuhkan kacamata. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk tetap mempertahankan kesehatan mata.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak