facebook

Jangan Asal Ikut-ikutan, Pilihlah Kacamata yang Sesuai untuk Wajahmu

Maya Anggita
Jangan Asal Ikut-ikutan, Pilihlah Kacamata yang Sesuai untuk Wajahmu
Ilustrasi kacamata. (Pixabay)

Kacamata sekarang tidak hanya membantu kita untuk memperjelas penglihatan. Saat ini kacamata memiliki fungsi lain, yaitu sebagai salah satu fashion item yang mampu menunjang penampilan. Seiring berkembangnya dunia fashion, kita dapat menemui beragam bentuk kacamata. Lalu bagaimana cara untuk memilih bentuk kacamata yang sesuai untuk kita gunakan agar terlihat semakin menarik? 

1. Sesuaikan dengan bentuk wajah 

Setiap orang memiliki bentuk dan wajah yang berbeda, sehingga pemilihan bentuk kacamata pun akan berbeda pula. Jika kalian memiliki bentuk wajah yang bulat, maka kalian tidak disarankan untuk memilih bentuk kacamata yang bulat.

Untuk kalian yang memiliki bentuk wajah yang bulat, disarankan untuk memilih kacamata persegi, wayfarer, ataupun pointy. Bentuk - bentuk kacamata seperti ini akan membuat wajah kalian terlihat lebih berdimensi dan membuat wajah kalian semakin terlihat lebih muda.

Untuk kalian yang memiliki bentuk wajah lonjong, tidak disarankan untuk menggunakan bentuk kacamata yang memiliki gagang kecil. Sangat disarankan untuk kalian yang berwajah lonjong untuk menggunakan kacamata berbentuk kotak dengan frame yang tebal dan kacamata bulat yang besar.

Penggunaan kacamata tersebut dapat membuat wajah kalian terlihat lebih simbang dan mempertegas bentuk wajah kalian. Bagi kalian yang memiliki bentuk wajah kotak, tidak disarankan untuk kalian menggunakan bentuk kacamata kotak. Hal ini akan membuat wajah kalian terlihat monotone.

Untuk pemilik wajah kotak, disarankan untuk menggunakan bentuk kacamata oval. Hal ini akan membuat wajah kalian terlihat lebih proporsional dan lebih berisi.

2. Pilihlah warna kacamata sesuai dengan warna kulit  

Selain bentuk wajah yang berbeda - beda, manusia juga memiliki warna kulit yang beragam. Warna kulit pun dapat menjadi acuan dalam memilih warna kacamata.

Jika kalian memiliki warna kulit terang hindari warna kacamata yang terang. Hal ini akan membuat terlalu banyak warna diwajah kalian. Disarankan untuk memilih warna kacamata yang netral, ataupun sedikit lebih gelap seperti merah maupun coklat, maupun hitam. Hal ini akan memberikan nuansa yang lebih beragam pada wajah kalian.

Bagi kalian yang memiliki warna kulit kuning langsat. Kalian memiliki banyak pilihan untuk warna kacamata yang cocok untuk digunakan, seperti putih, biru, hitam, ataupun kacamata dengan corak.

Bagi kalian yang memiliki warna kulit yang gelap, hindari menggunakan kacamata berwarna coklat. Hal ini akan membuat wajah kalian terlihat kusam. Gunakanlah kacamata dengan warna yang menyala, seperti gold, silver, ataupun merah marun. 

3. Warna mata 

Warna mata menjadi salah satu aspek penting dalam pemilihan kacamata. Warna bola mata yang coklat akan lebih cocok jika menggunakan warna-warna kacamata yang terang, seperti putih, silver, abu, serta merah. Jika warna mata kalian hitam, maka akan cocok jika menggunakan kacamata dengan warna hitam, gradasi, bercorak, gold, serta ungu. 

Nah itulah hal-hal yang dapat menjadi acuan dalam pemilihan kacamata bagi kalian! Namun, ada satu hal penting lainnya, yaitu pilihlah kacamata yang nyaman untuk kalian gunakan sehari-hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak