facebook

5 Manfaat Membaca Cerita Fiksi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Kurangi Stres!

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Membaca Cerita Fiksi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Kurangi Stres!
Ilustrasi Membaca Cerita Fiksi. (freepik)

Membaca memang salah satu kegiatan yang dapat menambah wawasan, ilmu, serta informasi. Namun, bagaimana dengan cerita fiksi? Banyak orang menganggap jenis ini hanya sekadar hiburan dan kurang berguna. 

Padahal, dengan membaca cerita fiksi, kamu bisa memperoleh banyak manfaat, lho. Kira-kira, apa saja, ya? Nah, di bawah ini ada lima di antaranya.

1. Mengurangi Stres

Genre fiksi tidak jarang memberikan pengalaman seru bagi para pembaca, sehingga dapat mengurangi stres yang disebabkan oleh berbagai masalah kehidupan. Kamu seolah terbawa ke dalam isi cerita dan melakukan banyak hal menyenangkan yang tersaji disana. Dengan begitu, gangguan tersebut bisa terlupakan.

2. Menambah Wawasan Kosakata

Manfaat lain dari membaca genre fiksi adalah menambah wawasan kosakata. Pasalnya, dalam satu cerita seringkali menggunakan banyak sekali istilah atau kata baku yang mungkin belum kamu ketahui. Nah, setelahnya, pengetahuanmu menjadi lebih luas, bukan? 

3. Memperkuat Daya Ingat

Seiring bertambahnya waktu, daya ingat seseorang akan semakin menurun. Selain menjalani pola hidup sehat, cara untuk meningkatkan fungsi memori otak adalah dengan membaca cerita fiksi.

Menurut berbagai studi, genre fiksi dapat membuat para pembaca mengingat cerita karena isinya yang cenderung menarik dan mudah dikenali. Nah, jika sering membacanya, tentu akan melatih kemampuan memori otak agar tetap bekerja secara optimal.

4. Meningkatkan Kreativitas

Tak hanya buku keterampilan, cerita fiksi juga bisa meningkatkan kreativitas seseorang. Dimana, kamu akan lebih mudah menemukan ide atau konsep serta mengetahui tata cara penulisan yang sesuai. 

Jadi, cerita fiksi ini dapat digunakan sebagai referensi bagi kamu yang berencana akan menulis. Namun, perlu diingat, jangan sampai mengkopi ulang hingga menyerupai keseluruhan isinya karena bisa melanggar hak cipta.

5. Memicu Kebahagiaan

Sudah diketahui secara umum bahwa cerita fiksi dapat dijadikan hiburan, sehingga mampu memicu kebahagiaan para pembaca. Hal ini dikarenakan alur dan isinya yang cenderung segar. Terlebih yang disisipkan beberapa bagian komedi.

Bisa disimpulkan bahwa membaca cerita fiksi akan memperbaiki suasana hatimu yang mungkin memburuk karena cinta bertepuk sebelah tangan, masalah keluarga, pekerjaan, pertemanan, atau yang lainnya.

Itulah kelima manfaat membaca cerita fiksi yang ternyata sangat menguntungkan. Lalu, apakah kamu termasuk salah satu orang yang senang dengan genre tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak