facebook

4 Manfaat Berkebun yang Perlu Kamu Tahu

Juandi Manullang
4 Manfaat Berkebun yang Perlu Kamu Tahu
Ilustrasi gambar berkebun (pixabay/Katya_Ershova)

Berkebun merupakan kegiatan menanam tanaman, seperti buah-buahan, sayuran, bunga, umbi-umbian dan lain sebagainya. Berkebun juga merupakan kegiatan yang begitu menyenangkan sebagai hobi atau untuk mengisi hari-hari libur nasional, akhir pekan dan ataupun setelah pensiun dari pekerjaan.

Buat kita pun sangat layak untuk memulai belajar berkebun maupun bercocok tanam berbagai jenis tanaman yang kita sukai. Hal itu tentu akan membuat hari-hari lebih berwarna.

Karena itu, kita perlu tahu 4 manfaat berkebun:

1. Memperindah Lingkungan Rumah

Berkebun juga memperindah lingkungan rumah. Caranya dengan menanam berbagai jenis bunga maupun pohon di sekitar rumah sehingga rumah pun kelihatan indah.

Setiap orang yang berkunjung ke rumah pun akan senang dengan suasana di sekitar rumah dan mereka akan nyaman untuk tinggal disana dan menikmati keindahan kebun.

2. Sebagai Penghasilan Tambahan

Kamu harus tahu bahwa berkebun juga dapat memberikan penghasilan tambahan. Coba bayangkan andai kamu menanam cabai, sayur dan buah-buahan di tempat kamu berkebun, tentu itu akan memberikan nilai ekonomis buatmu.

Pada masa panen, kamu bisa menjualnya dan mendapatkan uang dari hasil penjualanan sehingga dapat menambah pemasukan juga tentunya.

3. Menghilangkan Stres

Berkebun juga dapat menghilangkan stres. Kita harus tahu bahwa ketika kamu bosan dan jenuh dengan aktivitas di rumah, maka lakukan saja bercocok tanam atau berkebun di sekitar rumah.

Hal itu mencegah kamu merasa bosan dan dapat berakibat stres. Sebab itulah, berkebun itu adalah cara untuk mencegah stres.

4. Mengurangi Polusi Udara

Patut diketahui juga bahwa berkebun dapat mengurangi polusi udara. Kita tentu tahu bahwa menanam tumbuhan seperti pohon maupun bunga di sekitar rumah dapat menambah oksigen yang kita hirup setiap pagi.

Dengan berkebun, udara sekitar rumah akan sangat segar, kita pun merasa nyaman karena udaranya tidak tercemar. Karena itulah, berkebun mencegah polusi udara.

Dengan adanya 4 manfaat berkebun tersebut, membuat kita bersemangat untuk memulai kegiatan berkebun di sekitar lingkungan rumah.

Tidak perlu lahan yang luas, lahan sedikit saja bisa dimanfaatkan dengan baik. Mulai dari sekarang, orangtua dan anak boleh memulai belajar berkebun. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak