facebook

11 Manfaat Membaca Buku yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Tingkatkan Empati!

Dewi Maharani Bahtiar
11 Manfaat Membaca Buku yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Tingkatkan Empati!
Ilustrasi membaca buku. (Pexels/ Christina Morillo)

Mungkin saja, sebagian orang enggan membaca karena tidak mengetahui manfaat dari membaca itu sendiri. Padahal nyatanya, ada banyak manfaat jika kamu suka membaca. Berikut 11 manfaat yang bisa didapat dari membaca buku.

1. Menambah wawasan dan pengetahuan

Kamu sering mendengar kalau buku adalah jendela dunia dan kuncinya adalah membaca, kan? Maksudnya, karena salah satu manfaat membaca adalah menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang dunia. Buku apa pun yang kamu baca, kamu akan tetap mendapat wawasan dan pengetahuan baru.

Kamu tidak perlu terus menerus membaca buku pelajaran meski di sana terdapat banyak pengetahuan, sekali-kali kamu perlu membaca buku fiksi. Meski sebuah karangan, buku fiksi juga memiliki wawasan dan pengetahuan baru yang sayang untuk dilewatkan.

2. Melatih keterampilan berpikir dan menganalisis

Dari membaca, kamu jadi memiliki keterampilan lebih dalam berpikir. Misalnya, kamu akan menjadi lebih kritis terhadap suatu hal. Kamu juga akan pandai memecahkan berbagai hal, serta terlatih untuk menganalisis sesuatu sebagai efek dari membaca.

3. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Ketika membaca sebuah buku, otakmu akan terfokus pada apa yang sedang kamu baca. Dengan sering-sering membaca, otomatis kamu juga akan mudah fokus dan konsentrasi ketika melakukan pekerjaan lain. Bagi kamu yang sulit untuk fokus dan konsentrasi, cobalah biasakan membaca setiap hari meski hanya beberapa halaman saja.

4. Memperkaya kosakata

Ketika kamu membaca sebuah buku, pasti kamu akan menemukan sebuah kata baru. Tentu saja kata itu asing untukmu, maka dari itu kamu juga akan tergerak mencari tahu maksud kata tersebut. Dengan melakukan hal tersebut, kosakata dalam otakmu akan semakin bertambah.

5. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Karena banyaknya kosakata, kamu tidak akan kehabisan kata ketika berkomunikasi dengan orang lain. Kamu jadi lebih mudah ikut dalam sebuah percakapan, apalagi jika percakapan tersebut berkaitan dengan buku-buku yang selama ini kamu baca. Singkatnya, membaca membuatmu mudah bergaul dalam lingkungan sosial.

6. Meningkatkan tulisan

Salah satu manfaat membaca adalah membuat tulisanmu mengalami peningkatan. Ketika kamu membaca, bukan hanya diksi yang bisa ditangkap otak, tetapi tanda baca juga sama. Tanpa sadar, kamu akan menuliskan apa yang sudah kamu baca dengan mudah.

Beberapa penulis perlu membaca banyak buku sebelum menulis. Hal ini karena mereka perlu kosakata, perlu memahami tanda baca, hingga berbagai ide sebelum menulis. Maka dari itu, para penulis berpendapat bahwa kuncinya menulis adalah membaca banyak buku.

7. Meningkatkan daya ingat

Kamu sering lupa menaruh barang? Hal ini bisa jadi karena kamu kurang banyak membaca hingga kamu menjadi pelupa. Merangkum dari blog The Best Brain Possible, kebiasaan membaca buku dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Tidak ada salahnya untuk rajin membaca demi ingatan yang bagus, kan?

8. Dapat mengurangi stres

Dari membaca, kamu bisa mendapatkan banyak hal, salah satunya dapat melepas stres. Terlalu sering mengalami stres dapat mengganggu kesehatan mental, maka dari itu sangat disarankan bagi orang yang mudah stres agar sering membaca. Dilansir dari Huffpost, membaca buku lebih efektif menurunkan stres dibandingkan berjalan kaki ataupun mendengarkan musik.

9. Memperluas pemikiran

Pernah tidak kamu bertemu seseorang yang ketika diajak berbicara dia tahu berbagai hal meski hanya garis besarnya? Kebanyakan orang seperti itu adalah orang-orang yang sering membaca.

Membaca dapat memperluas pemikiranmu. Artinya, ketika sering membaca pikiranmu tidak akan sempit. Dalam memutuskan sesuatu pun kamu tidak akan gegabah karena memiliki pemikiran yang luas.

10. Meningkatkan empati seseorang

Ketika kamu sering membaca, khususnya buku fiksi kamu akan mudah berempati. Karena pada saat kamu membaca sebuah buku, kamu akan ikut larut ke dalamnya, tidak jarang kamu memposisikan sebuah tokoh dalam buku sebagai diri kamu sendiri. Dari sana, empatimu akan meningkat dengan sendirinya.

11. Mencegah penurunan kognitif

Dengan sering membaca buku, kamu jadi terhindar dari berbagai penurunan kognitif. Kamu tidak akan mudah terserang penyakit-penyakit otak seperti demensia, dan alzheimer di usia lanjut. Untuk masa tua yang lebih baik, maka mulailah biasakan membaca buku dari sekarang, karena waktu tidak akan bisa diputar kembali.

Itu dia 11 manfaat yang bisa kamu petik dari membaca buku. Jangan sampai menyesal karena kamu tidak membiasakan membaca buku dari sekarang, ya. Masa kamu tidak tergiur dengan manfaatnya yang banyak dan malah lebih sering scroll media sosial alih-alih membaca buku? Mulai sekarang, yuk, jadikan membaca sebagai kebiasaan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak