facebook

3 Teknik Latihan Menulis untuk Membantu Kamu Mencegah Writer's Block

Winda Luthfia
3 Teknik Latihan Menulis untuk Membantu Kamu Mencegah Writer's Block
Ilustrasi menulis diary (pexels/Kaboompics.com)

Writer's block bukanlah fenomena yang langka terjadi pada seorang penulis. Kondisi tersebut seringkali membuat seorang penulis mengalami kesulitan menulis dan tidak seperti biasanya ketika ia menyelesaikan tulisan secara lancar.

Banyak faktor yang menyebabkan penulis mengalami hal tersebut, di antaranya karena terlalu banyak ide sehingga bingung memilihnya, memiliki masalah, lingkungan yang tidak mendukung, merasa insecure karena tulisannya ada yang kurang, dan masih banyak hal lagi. 

Namun, terdapat beberapa teknik latihan menulis yang dapat kamu terapkan untuk mencegah writer's block lho!  Berikut adalah tiga teknik latihan menulis yang dapat membantumu untuk keluar dari zona writer's block :

1. Teknik pomodoro

Ilustrasi jam beker (Freepik.com/Freepik)
Ilustrasi jam beker (Freepik.com/Freepik)

Hal utama yang harus kamu lakukan dengan teknik ini adalah putuskan jenis tulisan apa yang ingin dibuat. Bisa berupa artikel, cerita, atau kamu ingin menulis untuk satu halaman saja. Lalu, setting timer selama 25 menit dan jangan berhenti menulis sampai timer berdering. Terakhir, istirahatlah selama lima menit. Ulangi ketiga langkah ini, dengan tetap berpegang pada waktu.

2. Teknik menantang diri menulis selama 30 menit

Ilustrasi kelelahan (Freepik.com/wayhomestudio)
Ilustrasi kelelahan (Freepik.com/wayhomestudio)

Setting timer selama 30 menit dan tuliskan semua peristiwa apa saja yang kamu alami hari ini. Ketika kamu kehabisan waktu, catat apa yang mengganggumu (pikiran, suara, atau gangguan dari luar). Cari tahu cara bagaimana agar kamu dapat menghilangkan gangguan itu dari rutinitas menulismu. 

Misalnya, apakah kucing peliharaanmu mengganggu fokusmu saat menulis? Kamu dapat mengatasinya dengan mencoba mengurungnya di kandang saat kamu menulis. Cobalah tantangan 30 menit tersebut setiap hari untuk menemukan gangguan kamu menulis dan bagaimana mengatasi hal tersebut. Ulangi teknik ini sampai sampai kamu menemukan ruang menulis yang ideal.

3. Seolah berbincang-bincang dengan teman untuk mendiskusikan tulisan

Ilustrasi bertanya pada teman (Freepik.com/tirachardz)
Ilustrasi bertanya pada teman (Freepik.com/tirachardz)

Terkadang, seorang penulis terpaku pada aturan dan struktur penulisan, baik itu artikel, novel, atau pada tulisan non-fiksi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan teknik berpura-pura sedang berbicara dengan seorang teman di sebuah bar. 

Kamu bisa menceritakan kepada temanmu dan meminta saran atas cerita yang sedang kamu tulis. Biasanya, ketika kamu berpura-pura mengalami kesulitan maka temanmu itu, bisa saja akan membantumu atau memberikan sarannya.

Itulah tiga teknik latihan menulis untuk membantumu mencegah writer's block. Selamat mencoba dan merasakan sendiri manfaatnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak