facebook

6 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mencari Kucing yang Hilang, Sudah Tahu?

Dewi Maharani Bahtiar
6 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mencari Kucing yang Hilang, Sudah Tahu?
ilustrasi kucing (pexels.com/pixabay)

Saat masuk rumah, biasanya kucingmu akan menyambutmu pulang. Hal ini tentunya akan menjadi kebiasaan, dan ketika makhluk lucu itu tak lagi menyambutmu, kamu menjadi bertanya-tanya kemana perginya kucingmu.

Kamu jangan dulu panik, biasanya kucingmu akan kembali tak lama lagi. Namun, jika sudah beberapa hari kucingmu tak terlihat, langsunglah cari.

Berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk mencari kucing yang hilang.

1. Cari di semua sudut rumah

Dilansir dari Missing Animal Response Network (MARN) atau badan yang menangani hewan hilang, menyarankan kamu agar mencari lagi di seluruh sudut rumah. Karena bisa saja kucingmu sedang bersembunyi untuk menghindari kebisingan yang membuat kucing stres.

2. Mencarinya di sekitar rumah

Bukan hanya manusia yang bisa berjalan-jalan, tetapi kucing juga sama. Apalagi sebagian kucing memiliki keinginan bersosialisasi yang tinggi.

Menurut penelitian pada tahun 2017, MARN menyatakan bahwa kemungkinan kucing tidak akan pergi lebih dari 50 meter dari rumah. Jadi, carilah di sekitar rumahmu.

3. Cari kucing saat malam hari

Kucing adalah salah satu hewan yang aktif di malam hari, dan kucing juga tidak banyak mengeluarkan suara saat bergerak. Untuk lebih menajamkan Indra pendengaranmu, kamu bisa mencari kucing di malam hari. Kamu juga bisa mencarinya sambil membawa makanan kesukaan kucingmu.

4. Pergi ke tempat yang biasanya kamu dan kucing kamu datangi

Bisa saja karena merasa depresi, kucingmu pergi dari rumah dan menuju tempat favoritnya. Kamu bisa mulai mencoba mencari di tempat yang biasa kamu datangi dengan kucing.

5. Bicara dengan kucing liar yang kamu temui

Di Jepang, orang yang kehilangan kucing akan mengajak berbicara kucing liar sambil memberikan informasi tentang kucingnya, termasuk nama dan ciri-ciri kucing tersebut dan menitipkan pesan agar kucing yang hilang segera pulang. Hal ini biasa dilakukan di Jepang, jika kamu melakukannya di Indonesia, bisa saja kamu dianggap gila, jadi tolong abaikan penilaian orang lain.

Akan tetapi, banyak yang telah membuktikan dengan cara ini, kucing yang hilang langsung pulang dengan sendirinya. Siapa tahu, kucing-kucing liar itu temannya kucingmu, dan menyampaikan pesanmu hingga kucing kesayanganmu pulang.

6. Sebarkan informasi bahwa kucingmu hilang

Menyebarkan informasi bisa melalui poster, postingan di media sosial, bahkan di grup-grup yang isinya kamu dan tetanggamu. Dengan begitu, kucingmu akan mudah ditemukan. Bahkan bisa jadi ada orang yang dengan sengaja mengantarkan kucingmu pulang.

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari kucingmu yang hilang. Nah, biasanya kamu menggunakan cara yang mana untuk mencari kucing? Sudahkah kamu menggunakan beberapa cara di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak