facebook

7 Manfaat yang Diperoleh Jika Kamu Bisa Menjahit, Tertarik Mencoba?

Dewi Maharani Bahtiar
7 Manfaat yang Diperoleh Jika Kamu Bisa Menjahit, Tertarik Mencoba?
Ilustrasi menjahit (Pexels.com/cottonbro)

Menjahit adalah aktivitas yang bisa dilakukan dengan tangan ataupun mesin. Dari aktivitas ini, ternyata memiliki banyak manfaat yang kadang tidak kita sadari. Saat ini banyak kursus menjahit, bahkan di jenjang sekolah kejuruan juga ada pelajaran menjahit. Lalu, apa sih manfaat yang kita peroleh dari menjahit?

Berikut 7 manfaat yang didapat ketika bisa menjahit.

1. Menjadikan diri sendiri sebagai sosok yang mandiri

Salah satu manfaat yang didapat ketika kamu pandai menjahit adalah menjadikanmu mandiri. Bagaimana tidak, jika dengan keterampilan ini kamu bisa membuat pakaian sendiri. Ditambah lagi, kamu tidak perlu bantuan orang lain untuk memotong baju yang terlalu panjang, kamu juga bisa mempermak baju sesuai keinginan.

2. Menjadikanmu lebih kreatif

Pernah bertemu dengan orang lain yang menggunakan pakaian yang sama? Jika mengalami itu, rasanya pasti jengkel, kan? Nah, jika kamu bisa menjahit sendiri, kamu bisa membuat pakaian yang benar-benar limited edition, tidak ada duanya.

Untuk membuat pakaian yang seperti itu, pastinya butuh kreativitas. Ketika sudah terbiasa menjahit, keterampilan dan kreativitas kamu juga berkembang. Artinya, kamu bisa membuat pakaian-pakaian yang cocok dengan selera kamu sesuai kreativitasmu jika bisa menjahit.

3. Belajar menjadi pribadi penyabar dan teliti

Ketika seseorang hendak belajar menjahit, perlu kesabaran. Saat sudah bisa menjahit pun, seseorang masih perlu menerapkan kesabaran tersebut.

Lama-kelamaan, ketika sudah sering menjahit kamu akan terbiasa menerapkan sikap sabar dan teliti dalam kehidupan sehari-hari. Bukankah untuk membuat pakaian yang sempurna, selain membutuhkan kesabaran dibutuhkan juga ketelitian?

4. Membuatmu menjadi lebih percaya diri

Tidak semua orang bisa menjahit. Kadang orang-orang yang tertarik untuk ikut kursus menjahit saja berhenti di tengah jalan karena menjahit perlu kesabaran.

Bagi kamu yang bisa menjahit, kamu akan lebih percaya diri. Bayangkan saja, kamu sudah mengantongi skill atau kemampuan yang memudahkan kamu, minimal untuk diri sendiri agar tidak susah membeli makanan.

5. Menambah pendapatan

Ketika orang-orang di sekitarmu tahu bahwa kamu bisa menjahit, orang-orang tersebut akan meminta bantuanmu. Misalnya untuk mempermak pakaian mereka. Dari sana, kamu akan dibayar dan membuatmu menjadi punya pendapatan.

Tak jarang kamu juga akan mendapat orderan untuk membuat pakaian jika sudah dikenal banyak orang, lho!

6. Kamu jadi bisa berhemat

Manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu mempunyai keterampilan menjahit adalah menjadikan kamu lebih hemat. Karena jika menginginkan pakaian, kamu tinggal beli bahan-bahan yang diperlukan lalu buat sendiri. Tidak ada upah untuk penjahit yang biasa kamu pekerjakan. Harganya juga menjadi lebih murah dibanding pakaian yang berada di mall.

Dengan begitu, uang yang biasanya kamu gunakan untuk beli baju bisa ditabung, kan?

7. Kamu bisa membuka lapangan pekerjaan

Saat ini, orang-orang yang sudah bisa menjahit membuka konfeksi sendiri dan mempekerjakan banyak penjahit. Jika kamu sudah bisa menjahit, selain dapat keuntungan dari pakaian yang nantinya akan kamu jual, kamu juga bisa memberikan pekerjaan kepada orang lain.

Kamu juga bisa membuat butik sendiri yang menyediakan pakaian limited edition, lho. Pastinya ketika kamu punya merk sendiri kamu juga jadi bangga terhadap diri sendiri kan?

Memiliki banyak keterampilan akan membuat hidupmu menjadi lebih mudah. Salah satunya ketika kamu bisa menjahit. Jadi, sudahkan kamu tertarik untuk belajar menjahit?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak