facebook

5 Hal Vital yang Harus Kamu Persiapkan untuk Pendakian

Oktavia Ningrum
5 Hal Vital yang Harus Kamu Persiapkan untuk Pendakian
ilustrasi pendaki (unsplash)

Mendaki bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis olahraga ekstrem yang tak pernah mati penggemar. Kegiatan pendakian juga punya ragam tersendiri perihal tujuannya. Entah sekadar sarana rekreasi atau tujuan yang lebih serius dari itu, tetap ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendakian. Berikut, lima hal vital yang wajib disiapkan bagi para pendaki

1. Kesiapan Fisik

Paling tidak, kamu harus menyiapkan latihan fisik selama satu bulan sebelum pendakian. Meski terkesan remeh, Training Center (TC) sangat diperlukan dan amat bermanfaat ketika hari H. Medan gunung tak semulus jalan beraspal di ibu kota, ada banyak medan yang akan menguji fisikmu. Belum lagi barang bawaan yang harus dipikul sepanjang perjalanan. Tanpa TC, tubuhmu tentu akan mudah lelah dan jika fatal tentu bisa mengakibatkan cidera ringan atau berat karena fisik yang belum siap dan kaget.  Jadi jangan lupakan TC sebelum pendakian!

2. Ketahanan Mental

Tak kalah penting dari kesiapan fisik, kamu juga harus melatih mentalmu untuk menghadapi hari-hari dan perjalanan yang sulit. Mental bisa amat mempengaruhi kondisi fisik seseorang, terutama saat hari mulai gelap di dalam hutan yang dingin ditambah kelelahan setelah berjalan seharian, tentu saat-saat seperti ini amat rawan kondisi mental yang down.

3. Dasar-dasar Survival

Survival atau survive memiliki arti bertahan. Maksudnya adalah bertahan hidup. Tak jarang tentu kita mendapati berita pendaki hilang, tersesat, cidera, atau meninggal. Nah, untuk itu kamu harus belajar survival agar saat kamu berada di kondisi mendesak, dampak terburuk bisa dihindari.

Adapun dasar survival yang harus kamu pelajari adalah PPGD, mengenali tumbuhan/hewan yang bisa dikonsumsi di hutan, memanfaatkan benda sekitar untuk bertahan hidup, memasak, mencari jalur keluar, dan lain sebagainya. 

4. Makanan dan Minuman yang Cukup

Tentunya kamu tidak akan berkhayal akan ada supermarket di dalam hutan. Jadi mulailah menghitung gizi dan persiapkan bahan makanan dan alat masak outdoor seperti kompor dan nesting. Pelajari pula bagaimana cara mengemas makanan tersebut agar tidak basi. Dan seefisien mungkin, jangan sampai membawa sampah lalu meninggalkannya di sana. 

5. Informasi Terkait Lokasi

Sebelum bertandang ke gunung, tentu kamu harus tahu seluk beluk tentang lokasi tersebut. Utamanya informasi terkait jalur, medan berbahaya, satwa dan tumbuhan yang harus kamu hindari, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan informasi terkait lokasi dari orang yang pernah mengunjungi lokasi tersebut atau lewat internet. Lebih valid lagi, kamu bisa tanya dengan warga di sekitar basecamp atau di basecamp itu sendiri. 

Sekian lima hal vital yang wajib disiapkan bagi para pendaki, semoga dapat bermanfaat. Salam lestari! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak