alexametrics

4 Kebiasaan Warganet Indonesia saat Ada yang Viral

Xandra Junia In
4 Kebiasaan Warganet Indonesia saat Ada yang Viral
Ilustrasi Menggunakan Media Sosial (freepik)

Beberapa waktu lalu, Indonesia dikejutkan dengan kabar dari dua tokoh publik yang terus menjadi perbincangan selama seharian penuh di platform media sosial Twitter.

Nama keduanya juga terus berada di peringkat satu trending Twitter saat itu. Akibatnya, video keduanya juga kian tersebar.

Nah, ketika ada yang viral, biasanya warganet Indonesia ini punya kebiasaan yang sepertinya masih tetap dilakukan hingga sekarang. Berikut 4 di antaranya.

1. Menyerang Kerabat Dekat

Saat tahu seseorang tengah viral karena suatu kasus, bukan hanya dirinya sendiri yang diserang, tapi juga kerabat dekatnya. Bisa teman, pasangan, bahkan keluarga.

Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kenyamanan dan membuat mereka turut merasa stres.

Ingat, meskipun mereka ada hubungan dengan si terduga, bukan berarti mereka ikut dapat komentar buruk. Terlebih, banyak juga yang tidak tahu apa-apa mengenai hal tersebut.

2. Menyerang Tempat Kerja

Sebuah instansi atau perusahaan dari seseorang yang tengah viral biasanya akan menjadi sasaran empuk para warganet.

Sebenarnya tidak ada masalah untuk mengajukan komplain, dengan catatan lihat dulu kasus apa yang tengah dialami orang tersebut.

Jika tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan, kamu tidak perlu memberikan komentar buruk di akun media sosial perusahaan tersebut.

Misalnya kasus perselingkuhan, kamu mungkin akan mengatakan, "kok bisa orang yang bad attitude gitu diterima? payah banget nih perusahaan!"

Padahal, perusahaan juga belum tahu bagaimana perilaku karyawannya, karena dalam proses wawancara tidak ditanyai perihal hubungan.

3. Teori Cocoklogi

Kebiasaan ini juga menjadi yang paling sering dilakukan oleh warganet Indonesia. Misalnya masih di kasus perselingkuhan.

Kebanyakan dari mereka akan meninjau akun media sosial orang tersebut sampai akarnya. Lalu, munculah teori cocoklogi dari postingan-postingan yang pernah ia unggah.

Satu contoh, peselingkuh yang pernah mengomentari foto selingkuhan dan pasangannya. Warganet akan berpendapat, "tuh kan udah ngincer dari dulu ternyata."

4. Mencari Kesalahan Lain

Selain kasus yang tengah viral, biasanya warganet juga akan mencari kesalahan orang tersebut. Bahkan, hingga belasan tahun lalu.

Padahal masalah pada waktu lampau itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan kasusnya di hari ini.

Itulah keempat kebiasaan warganet Indonesia saat ada yang sedang viral. Apakah kamu pernah melakukan salah satunya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak