alexametrics

Kupas Tuntas Orientasi Androseksual

Lintang
Kupas Tuntas Orientasi Androseksual
Androsexual Flag. (health.com)

Orientasi seksual adalah ketertarikan emosional, seksual, dan romantisme yang dirasakan oleh individu terhadap individu lain. Tak jarang, orang-orang mengetahui orientasi seksual yang terdiri dari heteroseksual dan homoseksual.

Namun, nyatanya orientasi tak hanya tentang dua itu saja. Mengikut perkembangan, orientasi seksual juga berkembang dan ditemukan orientasi seksual lain, salah satunya adalah Androseksual. Dilansir dari webmd - berikut penjelasan lengkap terkait Adroseksual:

Apa itu Androseksual?

Androseksual adalah ketertarikan kepada laki-laki maupun seseorang yang maskulin. Seseorang yang androseksual tertarik terhadap seseorang yang berpenampilan maskulin tanpa memikirkan gender atau orientasi seksual mereka.

Androseksual berasaal dari bahasa Yunani, “andro” memiliki arti “laki-laki”, “sexual” berarti “ketertarikan seksual”, dan “philic” berkaitan tentang “dengan cinta”.

Ada juga yang mengatakan bahwa androseksual adalah seseorang yang memiliki ketertarikan kepada seseorang yang diidentifikasikan sebagai non-binary. Non-binary adalah seseorang yang tidak mengkualifikasikan gendernya sebagai pria ataupun wanita.

Beberapa wanita yang mengidentifikasikan dirinya sebagai cisgender; individu yang mengidentifikasikan gendernya sesuai jenis kelamin yang ia bawa sejak lahir, juga dapat menjadi androseksual apabila ia tertarik dengan cisgender laki-laki dan laki-laki trans.

Apa perbedaan Androseksual, Homoseksual, dan Heteroseksual?

Perbedaan umum antara ketiganya adalah bentuk ketertarikan mereka. Seseorang yang tertarik memiliki orientasi seksual androseksual memiliki ketertarikan terhadap seseorang yang masculin tidak terpatok gender. Masculin yang dimaksud adalah seperti bentuk fisik, penampilan,  emosional, mental, atau seksual.

Sedangkan homoseksual adalah mengidentifikasikan seseorang yang memiliki ketertarikan dengan individu yang memiliki gender yang sama. Lalu, heteroseksual adalah individu yang tertarik terhadap individu lain dengan gender yang berbeda. 

Kesalahpahaman tentang Androseksualitas

Beberapa orang berpikir, bahwa androseksual artinya memiliki ketertarikan terhadap male binary atau male gander saja. Alasan mereka berpikir hal seperti itu karena kata "andro” sendiri yang memiliki arti “laki-laki”.

Tetapi sesungguhnya seseorang androseksual memiliki ketertarikan terhadapt cisgender, nonbinary, dan gender lain yang memiliki penampilan luar masculin. Termasuk gender  wanita yang menunjukkan sifat lebih maskulin dan pria yang transgender.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak