facebook

Permainan Anak Tempo Dulu yang Tergerus Kemajuan Zaman

Yanik Kinay
Permainan Anak Tempo Dulu yang Tergerus Kemajuan Zaman
Ilustrasi bola kelereng (Anthony/Pexels).

Teknologi yang terus berkembang menjadikan segala aktivitas masyarakat modern saat ini menjadi lebih mudah dan gampang. Contohnya saja dengan maraknya marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lainnya.

Tidak hanya di ranah dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari saja, tetapi teknologi juga memudahkan kita dalam menikmati permainan atau game online, di mana dengan mudah bisa kita unduh di Playstore. Salah satu game online yang marak digunakan baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa, seperti Mobile Legend dan PUBG.

Jika kita menegok kebelakang, adanya game online menjadi bukti teknologi dalam memudahkan kita untuk bermain game tanpa harus pergi ke warung internet (warnet). Bahkan, sebelum adanya pandemi, game-game online tersebut sudah banyak anak-anak yang menggunakannya.

Hal ini semakin meningkat setelah diperlakukannya pembelajaran secara online. Keasikan bermain game online tentu memberikan dampak yang negative bagi anak, jika sudah kecanduan.

Perbedaan perkembangan teknologi anak zaman sekarang dengan anak-anak tempo 1990 dan 2000-an tentu sangat berbeda. Jika kita melihat pada anak zaman dulu, sangat sedikit yang menggunakan smartphone, mereka lebih sering bermain di luar rumah dibanding di dalam rumah.

Adanya game online ini tentu berdampak dengan hilangnya berbagai permainan anak zaman dulu, yang mungkin saja anak zaman sekarang justru sama sekali tidak tau.

Berikut beberapa permainan tempo dulu yang kini mulai tergerus dengan kemajuan zaman:

1. Bermain Kelereng

Permainan yang menggunakan kelereng sebagai alatnya, di mana lebih sering dimainkan oleh anak laki-laki. Kelereng dikumpulkan dalam satu lingkaran, kemudian yang bisa mengenai kelereng yang sudah tersebar, maka kelereng tersebut menjadi miliknya. Dulu, permainan kelereng ini sangat diminati anak-anak yang bisa menghabiskan waktu bermain hingga berjam-jam.

2.    Engklek

Permainan engklek menjadi salah satu permainan tempo dulu yang lebih sering dimainkan anak perempuan. Di mana dalam permainannya hanya memerlukan satu batu dan menggambar beberapa kotak. Kotak yang ada batu, maka harus di lompati.

3.    Lompat Tali

Lompat tali adalah salah satu permainan tempo dulu yang dimainkan main laki-laki maupun perempuan. Pada zaman dulu, tali yang digunakan berasal dari karet yang disusun memanjang. Di mana dalam permainananya, harus melompati tali tersebut, yang mana akan terus bertambah tinggi.

Selain ketiga permainan tersebut masih banyak permainan tempo dulu yang kini sudah tergerus zaman, seperti petak umpet, menopoli, ular tangga, congklak dan lainnya.

Itulah beberapa permainan anak tempo dulu yang kini mulai tergerus dan sudah jarang anak-anak memainkannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak