alexametrics

6 Tips Mengatasi Writer's Block Bagi Kamu Para Penulis

Xandra Junia In
6 Tips Mengatasi Writer's Block Bagi Kamu Para Penulis
Ilustrasi writer's block (pexels/@shvetsa)

Setiap pekerjaan pasti memiliki masalahnya masing-masing. Seperti halnya Penulis. Mereka dengan profesi ini tentu pernah merasa buntu dengan tidak adanya ide yang bisa dituangkan ke dalam tulisan. Masalah seperti ini disebut dengan Writer's Block. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba saat sedang mengalami hal tersebut.

1. Membaca

Saat terasa buntu, kamu bisa membaca apapun yang kamu sukai. Bisa novel, komik, majalah, atau artikel-artikel milik orang lain. Hal ini dipercaya dapat membantu membuka pikiranmu dengan informasi dan ide baru. Luangkan beberapa jam tiap hari untuk melakukannya, ya.

2. Menulis acak

Meskipun buntu dalam menuangkan ide ke dalam tulisan, kamu juga bisa mengatasinya dengan menulis. Tidak perlu berkonsep, tulislah apa saja yang ada di dalam benakmu. Sekalipun itu adalah unek-unek, tidak apa-apa. Justru lebih baik karena setelahnya kamu akan merasa lega. Beban yang dipendam selama ini akan otomatis terlepas setelah kamu melakukan hal tersebut.

3. Mengobrol dengan orang dekat

Menyendiri memang yang terbaik jika sedang merasa pusing. Namun, tidak ada salahnya jika berbagi cerita bersama orang-orang terdekat. Berbicara kepada orang lain dinilai dapat membuat pikiranmu terbuka. 

4. Jalan-jalan

Pergi ke suatu tempat terlebih yang kita sukai dapat membantu menyegarkan pikiran. Gunakan waktu luangmu untuk jalan-jalan. Bisa ke luar kota atau dalam kota. Bisa sendiri atau bersama orang terdekat. Tenangkan pikiran saat sedang melakukan ini ya, jangan sampai masalahmu mengganggu. Intinya, bersenang-senang!

5. Menonton 

Suatu tontonan juga dapat membuat pikiranmu menjadi tenang dan terbuka. Kamu bisa menonton apapun. Baik film, series, maupun video di Youtube. Disarankan sih jangan memilih cerita yang berat, karena akan menambah beban pikiranmu nantinya. Pilih yang ringan seperti komedi, petualangan, dan romantis.

6. Istirahat sejenak

Jika tidak ingin melakukan apapun, kamu bisa istirahat sejenak, misalnya tidur. Hal ini dapat meningkatkan kualitas tubuh dan pikiranmu setelahnya. Luangkan waktu untuk beristirahat. Jangan sampai pekerjaan deadlinemu itu membuat jam tidurmu menjadi kacau.

Itulah keenam tips yang bisa kamu lakukan jika sedang mengalami Writer's Block. Tetap semangat ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak