facebook

Asah Imajinasimu, Ini 5 Langkah Menulis Cerita Fiksi

Xandra Junia In
Asah Imajinasimu, Ini 5 Langkah Menulis Cerita Fiksi
Dunia Imajinasi Ala J.K Rowling (Wizarding World)

Jika melihat J.K Rowling, mungkin banyak dari kamu yang berpikir darimana dirinya mendapatkan ide sebesar itu dalam membuat dunia Harry Potter. Begitupun dengan Stephen King yang mampu membuat cerita misteri yang bahkan membuat para penikmat karyanya turut berpikir. Mereka para ahli pembuat cerita fiksi tentu memiliki langkah-langkah dalam menciptakan karyanya tersebut. Kamu juga bisa mengikutinya, lho. Apa-apa saja, sih?

Berikut 5 langkah menulis cerita fiksi:

1. Tentukan Tema dan Judul

Tema merupakan langkah awal dalam membuat karya apapun termasuk cerita fiksi. Tentukan apa yang ingin kamu ciptakan. Bisa fiksi ilmiah, horor, thriler, petualangan, fantasi, dan masih banyak lagi. Setelah itu, buatlah judul yang menarik. Beberapa dari pembaca pasti memilih sebuah bacaan dari judulnya terlebih dahulu.

2. Ciptakan Tokoh-Tokohnya

Selanjutnya adalah menciptakan tokoh-tokoh yang akan hadir dalam ceritamu. Bisa dimulai dari nama yang kemudian ditentukan bagaimana perilaku, latar belakang dan penampilan fisiknya. Hal ini sangat diperlukan demi kepentingan imajinasi pembaca yang ingin mendalami hasil karyamu. 

3. Buat Alur dan Latar

Alur juga perlu kamu buat saat akan menulis cerita fiksi. Bisa maju, mundur, atau keduanya. Begitupun dengan latarnya. Tempat mana yang akan kamu jadikan sasaran utama ceritamu. Misalnya di hutan, luar angkasa, desa, dan lain-lain. Latar waktu juga jangan dilupakan. Tentukan apakah kamu ingin kembali ke zaman dulu atau modern seperti sekarang.

4. Lakukan Riset

Meskipun fiksi, riset mengenai hal-hal yang akan hadir dalam ceritamu juga diperlukan. Contohnya, Jurassic World. Ada beberapa dinosaurus yang diciptakan oleh penulisnya. Namun, mereka tidak melupakan dinosaurus yang ada di dunia nyata. Mereka melakukan riset mengenai hewan purba tersebut, dari nama, perilaku, dan habitatnya. 

5. Kembangkan Konsep

Setelah keempat langkah diatas sudah selesai, kamu bisa mengembangkannya menjadi cerita yang lebih luas. Perhatikan kata-kata sesuai standar yang berlaku, ya. Tidak lupa juga memberikan ide-ide segar lainnya di dalam karyamu.

Itulah kelima langkah dalam menulis cerita fiksi. Tidak ada yang tidak bisa jika kamu mencobanya. Jangan lupa juga untuk beristirahat saat sedang membuatnya. Semangat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak