alexametrics

Perbedaan Karakteristik Dog Person dan Cat Person. Kamu yang Mana?

Made Dinda Y S
Perbedaan Karakteristik Dog Person dan Cat Person. Kamu yang Mana?
Anjing dan kucing. (Unsplash.com)

Ternyata orang yang memelihara anjing dan kucing memiliki karakteristik yang berbeda, lho! Apa saja itu?

Suara.com - Anjing dan kucing merupakan peliharaan yang banyak diminati oleh manusia. Selain bentuknya yang menggemaskan, tingkah laku kedua hewan tersebut tak jarang membuat pemiliknya luluh dan jatuh cinta.

Seseorang yang memelihara dan memiliki kedekatan dengan anjing disebut sebagai seorang dog person. Sebaliknya, mereka yang merasakan hal tersebut dengan kucing dijuluki sebagai cat person.Tahukah kamu bahwa karakteristik dog person dan cat person berbeda? Simak perbedaan keduanya pada artikel ini, yuk!

Dog Person Memiliki Sifat Ekstrover, Sedangkan Cat Person Bersifat Introver

Pernyataan ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan seorang psikolog bernama Sam Gosling dari University of Texas. Penelitian tersebut dilakukan dengan berbasis websire kepada 4.565 orang untuk mengetahui apakah mereka pecinta anjing, kucing, atau kedua-duanya. Mereka juga diberikan 44 soal untuk mengukur dimensi Big Five Personality yang biasanya digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang.

Dari hasil penelitiannya, Sam Gosling menjelaskan bahwa seorang dog person lebih ekstrover dan cenderung agreeable dibandingkan dengan pecinta kucing yang introver dan suka menyimpan segala sesuatu sendiri. Hal ini berkaitan dengan anjing yang suka bersosialiasi, berbeda dengan kucing yang suka menyendiri.

Cat Person Memiliki Tingkat Neurotisme yang Lebih Tinggi Dibanding Dog Person

Dibanding dengan pecinta anjing, seorang pecinta kucing cenderung memiliki tingkat neurotisme yang tinggi. Neurotisme berkaitan erat dengan pengaruh dan pengendalian emosi seseorang. Orang yang memiliki tingkat neurotisme yang tinggi cenderung mudah cemas, impulsif, rentan dalam menghadapi tekanan, dan berpikir irasional.

Hal ini juga berpengaruh pada keterbukaan masing-masing. Cat person cenderung menunjukkan ketertarikan pada seni, pengalaman baru, pemikiran imajinatif, hingga ide-ide yang tidak biasa. Sementara itu, seorang dog person lebih tertarik pada hal yang sifatnya konservatif dan konvensional.

Dog Person Mencari Persahabatan, Sedangkan Cat Person Mencari Kasih Sayang

Jika kamu memelihara seekor anjing, maka akan muncul benak untuk menjalin persahabatan dan ikatan kekeluargaan. Keloyalan yang diberikan oleh seekor anjing membuktikan bahwa anjing memang sahabat terbaik manusia.

Sementara itu, seorang pecinta kucing cenderung ingin mencari kasih sayang dari hewan peliharaannya. Terlebih lagi, sifat kucing adalah selalu ingin selalu dimanja dan memberikan kasih sayang kepada pemiliknya.

Nah, itu dia perbedaan karakteristik seorang dog person dan cat person. Jadi, apakah kamu seorang dog person atau cat person? Baik dog person atau cat person, kamu harus tetap memperlakukan peliharaanmu dengan baik dan kasih sayang ya!