facebook

Awet Muda Tak Harus Mahal! Lakukan 5 Cara Sederhana Ini

Made Dinda Y S
Awet Muda Tak Harus Mahal! Lakukan 5 Cara Sederhana Ini
Ilustrasi awet muda. (Unsplash.com)

Menjadi awet muda adalah dambaan setiap orang. Bahkan, tak jarang ada yang rela merogoh kocek hingga jutaan untuk melakukan perawatan agar tetap terlihat muda. Perawatan untuk tetap terlihat awet muda selalu identik dengan sesuatu yang mewah dan mahal.

Namun, itu tidak sepenuhnya benar loh! Kamu bisa merawat tubuh dan kulitmu agar tetap muda meskipun usiamu semakin tahun semakin bertambah dengan melakukan kebiasan sehat. Penasaran? Yuk intip rahasianya di artikel ini!

1. Jangan Merokok dan Minum Alkohol

Untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat, kamu harus mengawalinya dengan hidup sehat seperti menghindari rokok dan tidak minum alkohol.

Rokok mengandung banyak racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan alkohol dapat menyebabkan penurunan kesehatan kulit. Tentunya kamu tidak mau kan mengalami keriput di usia muda hanya karena rokok dan alkohol?

2. Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari bisa jadi sahabat terbaik manusia saat pagi hari, namun bisa menjadi musuh terbesar manusia saat siang hari.

Paparan sinar matahari pada siang hari sangat berbahaya bagi kulit, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit di kemudian hari. Selain itu, paparan sinar matahari pada siang hari juga dapat menyebabkan penuaan dini. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menggunakan tabir surya ya!

3. Perbanyak Konsumsi Omega-3

Omega-3 memang dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan jantung. Namun, omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit loh!

Kamu bisa menjumpai suplemen omega-3 di took obat ataupun marketplace. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan omega-3 dari makanan seperti ikan salmon, walnut, dan berbagai biji-bijian lainnya.

4. Tumbuhkan Kebiasaan Makan Sayur dan Buah

Sayur mengandung antioksidan yang tinggi. Terlebih lagi, antioksidan membantu memperlambat efek penuaan di setiap bagian tubuh, mulai dari kulit, jantung, persendian, hingga otak.

Kamu bisa mengonsumsi sayuran bayam yang juga mengandung beta karoten dan lutein yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, konsumsi blueberi juga bisa kamu lakukan karena kandungan antosianin tinggi yang dapat mencegah kerussakan sel oleh radikal bebas.

5. Kuncinya adalah Jangan Stres

Memang sulit untuk mengendalikan stres di tengah tuntutan zaman saat ini. Masalah pekerjaan, kuliah, dan berbagai masalah lainnya membuat kita tidak bisa mengendalikan stres yang datang. Akibatnya terjadi perubahan dalam tubuh kita, mulai dari rambut rontok hingga kulit yang terlihat tidak lagi segar.

Jika dibiarkan secara terus-terusan, maka stres akan menyebabkan penuaan dini pada tubuh kita. Kamu bisa mencoba untuk melakukan meditasi ringan seperti mendengarkan lagu klasik sambil bekerja atau melakukan yoga disela-sela istirahat untuk mengendalikan stres.

Meskipun keadaan tubuh kita disebabkan oleh makanan atau minuman apa yang kita konsumsi, namun pengaruh yang datang dari luar seperti stres dan lingkungan yang buruk juga akan memengaruhi keadaan tubuh kita. Jika kamu ingin awet muda, biasakan diri untuk melakukan kegiatan seperti yang telah dipaparkan diatas ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak