alexametrics

Cegah Tekanan Darah Tinggi, Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Hayuning Ratri
Cegah Tekanan Darah Tinggi, Hindari 4 Jenis Makanan Ini
Ilustrasi makanan yang digoreng (Pixabay/timokefoto)

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah salah satu penyakit serius. Pengidap hipertensi diwajibkan untuk memperhatikan pola makan dan gaya hidup agar tekanan darah dapat terkontrol. Biasanya pengidap hipertensi disarankan untuk membatasi makanan dengan asupan garam, gula, dan lemak jenuh.

Sebelum terlambat, berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu dihindari untuk mencegah hipertensi, mengutip dari Halodoc.

1. Daging olahan

Daging olahan biasanya telah diproses dengan metode tertentu dan mengandung bahan tambahan pangan tertentu agar citarasa semakin lezat dan tahan lama. Salah satu bahan tambahan pangan yang digunakan pada umumnya adalah garam atau natrium dalam kadar yang banyak. Pada satu porsi daging olahan dengan berat berkisar 2 ons, kandungan natrium dapat mencapai 500 miligram atau lebih.

2. Makanan yang digoreng

Gorengan termasuk salah satu makanan yang perlu dihindari untuk mencegah tekanan darah tinggi. Hal ini tidak lain karena gorengan mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Misalnya, dalam satu porsi kentang goreng, terdapat sekitar 19 gram lemak dan 270 miligram natrium yang menjadi pantangan bagi pengidap hipertensi.

3. Makanan kalengan

Makanan kaleng biasanya memiliki kadar garam yang lebih banyak untuk membantu proses pengawetan. Makanan kaleng diantaranya acar, tomat, atau sup. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk memilih bahan makanan yang segar saja.

4. Makanan manis

Makanan manis memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Walaupun tidak mempengaruhi hipertensi secara langsung, namun konsumsi gula berlebih dapat berisiko menyebabkan obesitas yang menjadi pemicu hipertensi.

Nah, itulah keempat jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penyakit hipertensi. Selalu jaga kesehatan ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak