alexametrics

5 Rekomendasi Menu Takjil ala Jepang yang Bisa Kamu Coba

Xandra Junia In
5 Rekomendasi Menu Takjil ala Jepang yang Bisa Kamu Coba
Kakigori Mangga (Rocket News24)

Jepang juga merupakan negara dengan segudang kuliner yang banyak diperjualbelikan di Indonesia. Restoran berkonsep negeri sakura ini sangat mudah ditemukan di tiap kota. Mereka menyediakan banyak sekali menu berat maupun ringan yang cocok untuk takjil. Namun, mungkin ada dari kamu yang bingung dalam memilihnya. Tidak perlu khawatir! Di bawah ini ada lima yang direkomendasikan. Bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

1. Takoyaki

Takoyaki (The Japan Times)
Takoyaki (The Japan Times)

Takoyaki merupakan jajanan asal Jepang yang paling populer di Indonesia. Mereka dijual di berbagai tempat, seperti mall dan kaki lima. Kudapan ini berasal dari daerah Kansai. Bentuknya bulat yang terbuat dari tepung terigu, kemudian diisi oleh daging gurita. Namun, saat ini, isiannya sudah berkembang menjadi lebih banyak. Bisa keju maupun daging sapi. Penyajiannya, Takoyaki dilumuri saus berbahan kecap soya dan ditaburi Katsuobushi yang terbuat dari ikan cakalang.

2. Kakigori

Kakigori Mangga (Rocket News24)
Kakigori Mangga (Rocket News24)

Kudapan satu ini cocok untuk melepas dahagamu setelah seharian berpuasa. Kakigori merupakan es serut khas Jepang yang awalnya hanya diberi sirup dan susu saja. Namun, kini, variasi baru telah dikembangkan dengan menambahkan beberapa potongan buah, seperti mangga. Segar banget, ya!

3. Momiji Manju

Momiji Manju (Japan Info)
Momiji Manju (Japan Info)

Momiji Manju adalah kue berbahan dasar tepung beras yang dibentuk menyerupai daun Momiji. Konon, kudapan ini sudah ada sejak 100 tahun lalu dan berasal dari Hiroshima. Kue ini diberi isian selai kacang merah, kemudian dikukus. Seiring perkembangan zaman, isiannya diberi inovasi dengan menggunakan selai buah, keju, teh hijau dan cokelat. Momiji Manju sangat cocok disantap dalam keadaan hangat bersama teh atau kopi.

4. Mochi

Mochi Cokelat Stroberi (Japan Info)
Mochi Cokelat Stroberi (Japan Info)

Mochi juga menjadi salah satu kudapan khas Jepang yang populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, kemudian dibentuk menjadi bulat. Mulanya, Mochi hanya diisi dengan pasta kacang. Namun, kini bahan lain seperti cokelat dan selai buah dikembangkan untuk mengisi kudapan kenyal tersebut. Bahkan, ada juga yang mengisinya dengan es krim. Kamu akan dengan mudah menemukannya di minimarket terdekat.

5. Gyoza

Gyoza (FUN! Japan)
Gyoza (FUN! Japan)

Gyoza merupakan pangsit khas Jepang yang berisikan daging cincang dan sayuran. Daging yang dipakai bisa berupa ayam atau daging, tergantung selera. Sedangkan sayuran, biasanya menggunakan daun bawang dan sawi. Kulit pangsitnya sendiri terbuat dari tepung terigu. Cara memasak Gyoza ini dibagi menjadi dua, yaitu dikukus atau digoreng menggunakan sedikit minyak wijen. Lalu, untuk menyantapnya, kamu bisa tambahkan kecap asin atau saus.

Nah, dari kelima menu takjil ala Jepang diatas, mana yang paling bikin kamu ngiler? Lalu, kamu memilih untuk membeli atau membuatnya sendiri di rumah? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak