alexametrics

5 Rekomendasi Film Animasi Milik Studio Ghibli

Xandra Junia In
5 Rekomendasi Film Animasi Milik Studio Ghibli
Kiki's Delivery Service (Studio Ghibli)

Sudah dirilis sejak lama, namun saat ini film-film dari Studio Ghibli tengah banyak diperbincangkan. Mereka pertama kali membangun studio tersebut pada tahun 1985 dan bertempat di Tokyo, Jepang.

Selain ide ceritanya, para penonton sangat menyukai desain pada animasi tersebut. Alsannya karena terlihat khas dan sedikit berbeda dengan yang lain. Bagi pemula, jumlahnya yang terlalu banyak mungkin akan membingungkanmu untuk memulai. Nah, di bawah ini ada lima diantaranya yang dapat kamu tonton.

1. Princess Mononoke

Princess Mononoke (HBO Max)
Princess Mononoke (HBO Max)

Ashitaka, salah satu pemuda Jepang yang terkena kutukan saat itu. Ia berkelana menuju barat untuk mencari cara agar kembali normal. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan Putri Mononoke, seorang gadis yang dibesarkan oleh serigala putih. Sang Putri menentang manusia untuk masuk ke hutan tempat ia dan makhluk lainnya tinggal. Karya satu ini dirilis pada tahun 1997 dan berhasil meraih pendapatan sebesar $169.7.

2. Spirited Away

Spirited Away (HBO Max)
Spirited Away (HBO Max)

Film ini dirilis pada tahun 2001 dan berhasil mendapatkan keuntungan sebesar $383.4 juta. Selain itu, mereka juga meraih banyak penghargaan internasional. Salah satunya berasal dari Academy Awards dengan kategori Animasi Terbaik. Isi ceritanya adalah tentang seorang anak bernama Chihiro yang masuk ke sebuah taman bersama kedua orang tuanya. Ia harus bekerja di Rumah Pemandian untuk menyelamatkan keluarganya yang berubah menjadi babi. Taman tersebut ternyata merupakan tempat peristirahatan bagi makhluk-makhluk supranatural.

3. Kiki's Delivery Service

Kiki's Delivery Service
Kiki's Delivery Service (HBO Max)

Kiki adalah penyihir berusia 13 tahun. Menurut tradisi, mereka dengan usia tersebut harus menjelajahi dunia untuk mempraktikkan sihirnya. Suatu hari, ia memulai perjalanan bersama kucing hitam miliknya dan tiba di sebuah kota. Disana, ia bertemu dan bekerja sama dengan pemilik toko roti sebagai pengirim barang melalui udara. Film ini dirilis pada tahun 1989 dan mendapatkan keuntungan sebesar ¥4.3 juta.

4. Castle in the Sky

Castle in the Sky (HBO Max)
Castle in the Sky (HBO Max)

Film dengan pendapatan sebesar $15.5 juta ini dirilis 35 tahun lalu. Tepatnya di tahun 1986. Pasti banyak dari kamu yang belum lahir, nih. Karya Studio Ghibli yang satu ini menarik banyak perhatian masyarakat. Ceritanya membahas tentang seorang murid yang memata-matai gadis langit. Awal mula pertemuan mereka diiringi dengan pencarian kastil terbang yang dikenal memiliki kekuatan legendaris.

5. Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies (Nefarous)
Grave of the Fireflies (Nefarous)

Film ini dirilis pada tahun 1988 dan mendapatkan keuntungan lebih dari $500.000. Mereka mendapat julukan sebagai film perang terbesar sepanjang masa. Selain itu, karya tersebut juga telah diakui oleh dunia sebagai yang terbesar dari Jepang. Isi ceritanya adalah mengenai kisah perjuangan kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang bertahan hidup pasca Perang Dunia II. Keadaan sangat kacau setelah adanya pengeboman di kota Kobe.

Itulah kelima rekomendasi film dari Studio Ghibli yang bisa kamu tonton di akhir pekan atau sambil menunggu berbuka puasa di sore hari. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak