alexametrics

Ingin Cuan, Ini 3 Pilihan Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa

Hayuning Ratri
Ingin Cuan, Ini 3 Pilihan Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa
Ilustrasi seorang barista. (Unsplash/Tyler Nix)

Tak seperti mahasiswa baru atau pertengahan yang padat dengan organisasi dan tugas kuliah yang menumpuk, mahasiswa tingkat akhir biasanya sudah tidak terlalu sibuk selain untuk penelitian.

Lebih lanjut, beranjak dewasa seseorang dituntut untuk dapat mandiri dengan menghasilkan uang sendiri. Keadaan ini membuat banyak mahasiswa tingkat akhir mulai mencari cara untuk bekerja.

Berikut ini terdapat sejumlah pilihan pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa tingkat akhir, melansir dari Beautynesia.

1. Bisnis online

Akhir-akhir ini, bisnis online digemari oleh banyak orang, tak terkecuali para mahasiswa yang memasuki jenjang akhir. Bisnis tersebut dapat dilakukan dari rumah dengan mudah.

Apalagi untuk saat ini yang serba digital, di mana masyarakat lebih menyukai membeli barang secara online. Kamu dapat membuka bisnis online melalui e-commerce, misalnya Shopee, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya.

2. Freelance writer

Pengalaman sebagai mahasiswa tentu kerap mendapat tugas untuk menulis, entah menulis karya ilmiah, artikel, jurnal, laporan, dan sebagainya. Nah, keahlian menulis ini dapat kamu jadikan bekal untuk mengembangkan diri dalam dunia kepenulisan sebagai freelance writer. Kamu dapat mencoba untuk menulis artikel atau konten untuk website perusahaan tertentu.

3. Barista

Menjamurnya kedai kopi di setiap sudut kota, membuka lapangan pekerjaan yang baru. Barista menjadi salah satu pekerjaan yang sedang tren digemari oleh para mahasiswa.

Namun demikian, kamu harus siap untuk bekerja di bawah tekanan. Biasanya barista terbagi menjadi 2 pembagian waktu kerja yakni full time dan part time. Pilihlah sesuai kapasitas dirimu.

Nah, itulah beberapa jenis rekomendasi pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa tingkat akhir. Lumayan kan untuk menambah uang jajan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak