alexametrics

Simak 5 Tips Belajar Daring Agar Tidak Gampang Stres!

Dzul Fiqram Nur
Simak 5 Tips Belajar Daring Agar Tidak Gampang Stres!
Ilustrasi belajar (Pixabay/Наталия Когут)

Proses belajar daring masih terus berlanjut sampai sekarang, hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 masih belum usai di negara kita. Belajar daring memang bukan sesuatu yang baru lagi. Namun, banyak siswa dan mahasiswa yang masih saja mengeluhkan pembelajaran secara online ini karena masih saja belum bisa beradaptasi.

Proses adaptasi memanglah tidak mudah. Banyak hal-hal yang menjadi efek dari proses adaptasi tersebut, tak lain salah satunya yang paling dirasakan adalah stres belajar. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut dirangkum 5 tips belajar daring agar tidak gampang stres.

1. Membuat Spot Belajar yang Nyaman

Belajar daring hampir sama konsepnya dengan bekerja WFH, diperlukan sebuah tempat yang nyaman untuk kita bisa berkonsentrasi dan betah berlama-lama. Usahakan untuk membuat tempat belajarmu di dekat jendela agar bisa melihat langsung pepohonan. Melihat alam saat kecapaian bisa membuat mood kembali semangat. 

Selain itu, hindari untuk belajar di tempat yang bukan semestinya, misalnya di kasur, dapur, atau tempat yang gampang mengganggu konsentrasimu. Persiapkan sebuah ruangan kecil khusus untuk kamu belajar.

2. Perbanyak Interaksi dengan Teman dan Keluarga

Belajar daring tentu memiliki suasana yang berbeda dengan belajar luring. Dulu, kita memiliki teman-teman untuk diajak bercanda dan sharing ketika belajar. Namun, saat kondisi belajar daring ditetapkan, tidak banyak dari kita yang merasa kesepian dan inilah salah satu penyebab stres belajar.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak interaksi dengan teman dan keluarga. Saat ini sudah era new normal jadi sesekali keluarlah bertemu dengan teman-temanmu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, keluargamu juga bisa dijadikan tempat sharing dan belajar bersama. 

3. Menjaga Pola Tidur

Memang kegiatan belajar secara daring hanya perlu dilakukan di rumah saja. Namun, hal ini justru dimanfaatkan tidak baik oleh banyak orang. Jangan karena belajar cuma di rumah saja kita seenaknya begadang tanpa takut kebablasan. Kurang tidur dapat menyebabkan kurang konsentrasi saat belajar dan berujung pada stres.

4. Mengatur Pola Makan

Pola makan juga harus diperhatikan. Makanlah makanan yang bergizi dan bernutrisi agar tubuh kita selalu dalam kondisi yang fit. Hindari makan makanan cepat saji karena itu akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Tetapkanlah jam makanmu setiap hari dan patuhi. Jangan lupa untuk sesekali menyantap buah-buahan. 

5. Refreshing

Tak dapat dipungkiri bahwa belajar daring tentu akan membuat kita jenuh dan berujung pada stres. Oleh karenanya, sesekali berjalan-jalanlah ke alam terbuka agar pikiranmu bisa segar kembali dan bisa fokus melanjutnya pembelajaran. Tapi ingat! Tetap patuhi protokol kesehatannya, ya.

Itulah 5 tips belajar daring agar tidak gampang stres. Semoga dapat membantu dan membuat produktivitas belajar kita semakin membaik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak