alexametrics

Sering Boros, Ini 4 Rekomendasi Metode Menabung Biar Konsisten

Hayuning Ratri
Sering Boros, Ini 4 Rekomendasi Metode Menabung Biar Konsisten
Ilustrasi menabung (pexels.com/maitree rimthong)

Mengatur keuangan adalah salah satu kemampuan penting yang dibutuhkan oleh setiap orang. Pengelolaan uang yang baik dapat membantu untuk mencapai kebebasan finansial. Menabung termasuk salah satu cara untuk mengelola keuangan. Menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung dapat memberikan beragam manfaat, diantaranya dapat belajar hemat, ada dana darurat, dan mencegah hutang.

Akan tetapi, beberapa orang terkadang menemukan persoalan kesulitan menabung dengan konsisten. Beirkut ini terdapat beberapa metode yang dapat membantu agar bisa menabung secara rutin, dilansir Beautynesia.

1. Menabung receh

Pernah mendengar pepatah ‘sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit’? Nah, inilah wujud dari pepatah itu. Kalau kamu tekun menabung setiap uang receh yang diperoleh dari uang kembalian atau uang receh yang tercecer di rumah, hasilnya bisa lumayan lho. Kamu dapat menabung uang receh dengan memanfaatkan botol bekas yang tidak terpakai.

2. Menabung sesuai kalender

Menabung dengan rutin dapat kamu lakukan dengan menabung sesuai tanggal di hari itu. Contohnya, ketika tanggal 1, maka kamu harus menabung 1.000. Kemudian, hari berikutnya di tanggal 2, kamu dapat menabung 2.000 dan seterusnya. Siapa sangka? Dalam kurun waktu sebulan, kamu dapat mengumpulkan uang hingga 465 ribu.

3. Menabung dengan nominal tertentu

Metode menabung yang menarik lainnya diantaranya dengan menetapkan nominal tertentu. Cobalah untuk menentukan nominal favoritmu, misalnya 20 ribu. Maka, setiap kamu mendapat uang 20 ribu di dompet, kamu berkomitmen untuk memasukkan uang tersebut ke dalam tabungan. Menabung sedikit demi sedikit seperti tidak terasa ini dapat memberikan hasil yang besar kelak di kemudian hari.

4. Menabung secara otomatis

Dewasa ini, sebagian orang tidak banyak menyimpan uang cash karena mengandalkan ATM. Dalam kondisi ini, kamu tetap dapat menabung lho. Pastikan kamu memiliki dua rekening di bank atau platform mobil banking yang dapat memisahkan tabungan. Selanjutnya, pilih salah satu fitur yang berfungsi memotong otomatis saldo rekening dan mentransfernya ke rekening lain.

Nah, itulah beberapa metode yang dapat dilakukan untuk membantu agar bisa menabung secara rutin. Semoga bermanfaat.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak