alexametrics

5 Kiat Tingkatkan Kualitas Diri Menghadapi Quarter Life Crisis, Beraksi!

Hayuning Ratri
5 Kiat Tingkatkan Kualitas Diri Menghadapi Quarter Life Crisis, Beraksi!
Ilustrasi meningkatkan kualitas diri. (Pexels.com/Gustavo Fring)

Quarter life crisis dapat terjadi saat seseorang mulai mempertanyakan identitas dirinya sendiri dan kehidupannya. Fenomena ini umumnya dialami saat seseorang mulai memasuki usia 20-30 tahun. Quarter life crisis jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak negatif bagi hidup. Produktivitas kerja dan semangat hidup dapat menurun jika tidak segera bangkit menghadapi persoalan ini.

Agar hidup tetap produktif dan kualitas diri dapat meningkat, cobalah beberapa kiat berikut ini untuk membantu menghadapi quarter life crisis, melansir Hellosehat.

1. Mengenali diri sendiri

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kamu harus mengetahui dirimu sendiri. Cara untuk mulai mengenali diri sendiri dapat dengan menanyakan beberapa pertanyaan terhadap diri sendiri, misalnya apa rencanamu untuk ke depannya, apa saja kelebihan dan kelemahan yang ada pada dirimu. Jawaban dari pertanyaan tersebut menjadi bahan evaluasi dan motivasi untuk melanjutkan hidup ke depannya. Selain itu, kamu juga menjadi mengerti akan tujuan hidupmu.

2. Berbagi cerita dengan orang yang dipercaya

Jangan memendam segala persoalan seorang diri. Cobalah untuk berbagi cerita dengan orang terdekat yang bisa dipercaya. Hal ini dapat membuatmu merasa lebih lega. Lebih lanjut, kamu dapat meminta saran atau pendapat dari orang lain tentang permasalahanmu. Ingat, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

3. Fokus terhadap diri sendiri

Memasuki quarter life crisis, seseorang menjadi sering membandingkan diri dengan orang lain. Mulai sekarang, berhenti untuk melakukan hal itu karena hanya membuang waktu dengan sia-sia. Cobalah untuk fokus terhadap dirimu sendiri untuk semakin berkembang.

4. Menyusun target dan rencana

Mulailah untuk menyusun target dan rencana untuk ke depannya. Tak perlu terlalu jauh, cobalah dari 5 tahun ke depan, apa yang ingin kamu capai dan berada di titik mana. Jangan lupa untuk memikirkan rencana bagaimana untuk menggapai impian tersebut menjadi kenyataan.

5. Beraksi

Rencana yang sudah disusun sedemikian rupa tidak ada artinya jika kamu tidak segera beraksi. Ayo bangkit dan mulai jemput impianmu. Menunggu tidak akan menyelesaikan persoalan. Percaya pada kemampuan diri sendiri dan mulai berprogress.

Nah, itulah sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri saat mengalami quarter life crisis. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak