alexametrics

Hidup Damai Tak Harus Kaya, Tanamkan 4 Prinsip Ini!

Hayuning Ratri
Hidup Damai Tak Harus Kaya, Tanamkan 4 Prinsip Ini!
Ilustrasi hidup damai. (Pexels.com/Gustavo Fring)

Masing-masing orang membutuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Tak jarang, orang berlomba-lomba untuk mengejar uang sebanyak-banyaknya. Padahal, kenyataannya uang bukan jaminan hidup pasti bahagia.

Kamu tetap dapat mengupayakan hidup damai tanpa harus menjadi kaya terlebih dahulu. Berikut ini terdapat sejumlah prinsip yang perlu dicamkan, mengutip Womantalk.

1. Utamakan membeli kebutuhan

Kamu perlu membuat skala prioritas untuk membedakan kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan mengelola uang untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, cicilan tempat tinggal, atau kebutuhan sandang.

Apabila kebutuhan pokok telah tercukupi dan masih ada sisa uang, baru anggarkan sejumlah uang untuk menuruti membeli apa yang diinginkan.

2. Membeli sesuatu sesuai kemampuan

Keinginan manusia tidak ada habisnya. Setelah membeli HP terbaru, timbul keinginan untuk membeli sepeda agar mengikuti trend kekinian.

Jangan habiskan uang hanya untuk memenuhi nafsu sesaat. Buang jauh-jauh perasaan gengsi, cukup membeli sesuatu sesuai dengan kemampuanmu.

3. Hindari utang atau paylater

Godaan di kanan kiri memang terasa menggiurkan. Kemudahan untuk bisa berutang atau menggunakan paylater dapat menyebabkan terjebak dan terlilit utang.

Melihat unggahan orang lain yang memamerkan harta di media sosial membuatmu ingin mengikutinya karena takut ketinggalan? Percayalah hal ini tidak akan ada habisnya jika terus dituruti.

4. Hindari memiliki pola pikir ‘tak akan punya jika tak mencicil’

Beberapa orang selalu memilih membeli barang melalui cicilan. Kondisi ini tak masalah apabila barang yang dibeli memang menjadi suatu kebutuhan. Akan tetapi, lain halnya apabila mencicil barang hanya untuk memenuhi gengsi atau mengikuti trend semata.

Kecuali tempat tinggal atau kendaraan, sebaiknya hindari menerapkan mindset ‘tak akan mempunyai jika tak mencicil’ agar kamu tidak menjadi pribadi yang terlalu konsumtif dan terlilit utang.

Nah, itulah beberapa prinsip yang dapat coba kamu terapkan untuk memulai hidup damai tanpa harus kaya terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak