alexametrics

Ingin Lanjut S2? Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Mengambil Keputusan

Made Dinda Y S
Ingin Lanjut S2? Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Mengambil Keputusan
Ilustrasi mahasiswa S2. (pexels)

Setelah lulus dan menjadi seorang Sarjana, mungkin banyak orang yang memilih untuk melanjutkan hidupnya dengan mencari pekerjaan. Namun, tidak sedikit juga yang memilih untuk melanjutkan pendidikannya lagi ke jenjang yang lebih tinggi, yakni magister atau S2.

Berbeda halnya dengan Program Sarjana, materi yang akan diajarkan di jenjang Magister tentunya akan semakin mendalam dan seksama. Melanjutkan studi S2 memang dapat menghasilkan banyak keuntungan. Kamu juga bisa mencapai jenjang karir yang lebih tinggi jika memiliki gelar Magister.

Hal itu bisa kamu peroleh dengan catatan bahwa kamu menyelesaikan studi dengan komitmen yang kuat disertai manajemen waktu yang baik. Berikut 4 hal yang harus kamu pertimbangkan dan pertanyakan pada dirimu sendiri sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2:

1. Mengapa kamu ingin lanjut S2?

Alasan yang kuat akan memunculkan komitmen yang kuat pula. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus kamu pertanyakan adalah alasan mengapa kamu memilih untuk lanjut S2. Kamu juga bisa melanjutkan S2 jika kamu ingin mendalami suatu bidang dan membutuhkan hal tersebut untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi.

Namun, jika kamu melanjutkan S2 karena belum siap untuk memasuki dunia kerja, lebih baik kamu pikirkan kembali untuk melanjutkan pendidikan tersebut. Pasalnya, saat lulus nanti, kamu pasti akan berkutat di situasi yang sama. Jangan sesekali memilih S2 hanya untuk pelarian semata.

2. Kapan waktu yang tepat untuk mengambil S2?

Ingatlah bahwa hidup bukan suatu kompetisi ataupun balapan, kamu tidak usah terburu-buru dalam mengambil keputusan. Jangan pernah membandingkan waktumu dengan waktu yang dimiliki orang lain. Kamu harus memikirkan secara matang terkait kapan waktu terbaik untuk melanjutkan pendidikan S2.

Selain itu, kamu juga harus selalu memperhatikan deadline pendaftaran yang dibuka oleh kampus impianmu. Kamu juga bisa mengikuti pameran pendidikan yang digelar secara virtual untuk membantumu memperoleh informasi.

3. Apa program studi yang cocok untukmu?

Jangan sampai salah memilih program studi, mengingat beban kuliah S2, baik secara biaya dan juga mata kuliah lebih berat dibandingkan dengan S1. Pilihlah program studi yang benar-benar kamu minati. Biasanya, program studi yang ditawarkan untuk jenjang S2 lebih banyak dan spesifik dibanding dengan program studi Sarjana.

Untuk menentukan minatmu, kamu bisa mengingat kembali mata kuliah atau konsentrasi apa yang kamu minati pada saat menempuh kuliah Sarjana. Kemudian, kamu bisa memilih program studi S2 sesuai dengan apa yang kamu minati saat menempuh pendidikan di jenjang sebelumnya.

4. Apakah kondisi finansialmu sudah cukup untuk membiayai S2?

Seperti yang telah dijabarkan di atas, kuliah S2 membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, kamu harus benar-benar memikirkannya sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang ini.

Tidak hanya membayar SPP per semester saja, beberapa kebutuhan lain seperti biaya hidup, penelitian, dan berbagai biaya yang mungkin akan dikeluarkan pada saat jalannya perkuliahan juga harus kamu pertimbangkan matang-matang.

Nah, itu dia 4 pertanyaan penting dan mendasar yang perlu kamu pertanyakan sebelum memutuskan untuk lanjut ke jenjang S2. Bagi kamu yang sudah mantap dan yakin untuk melanjutkan pendidikan, semoga selalu dilancarkan ya! Good luck!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak