alexametrics

Ketahui, Ini 5 Tips Sederhana Menaikkan Berat Badan Hingga Ideal

Hayuning Ratri
Ketahui, Ini 5 Tips Sederhana Menaikkan Berat Badan Hingga Ideal
Ilustrasi olahraga. (Unsplash.com/Gursimrat Ganda)

Tidak hanya menurunkan berat badan saja, sebagian orang perlu untuk menaikkan berat badan untuk mencapai ideal. Berusaha untuk meningkatkan berat badan juga bukan hal yang mudah. Pasalnya beragam faktor mulai dari genetik, pola makan, pola tidur, aktivitas fisik, dan gangguan kesehatan tertentu dapat menjadi penyebab berat badan kurang ideal.

Namun demikian, kamu dapat berusaha meningkatkan berat badan agar ideal dengan beberapa tips sederhana berikut ini, melansir Halodoc.

1. Makan makanan yang sehat

Pola makan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap berat badanmu. Hindari untuk mengonsumsi junkfood atau fastfood, usahakan untuk memilih makanan yang sehat. Makanan dengan kandungan karbohidrat rendah glikemik (misalnya beras merah dan biji-bijian), protein tanpa lemak (contohnya tahu, tempe, dan daging tanpa kulit), vitamin dan mineral (sayur dan buah).

2. Menambah frekuensi makan

Jika berat badanmu belum mencapai ideal, namun mudah kenyang. Cobalah untuk memperbanyak frekuensi makan. Contohnya apabila awalnya kamu makan 2-3 kali sehari, maka kamu bisa menambah menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil.

3. Menambah kalori

Cara untuk meningkatkan berat badan lainnya adalah dengan menambah kalori harian. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati dalam memutuskan makanan yang dikonsumsi untuk menambah kalori. Hal ini karena kalori berlebih juga dapat menimbulkan kadar gula darah atau lemak tidak sehat dalam tubuh ikut meningkat. Kamu bisa memilih kacang-kacangan, susu full cream, alpukat, telur, atau gandum ke dalam pilihan makanan dan minumanmu.

4. Rutin olahraga

Olahraga dikenal sebagai aktivitas yang mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh, termasuk untuk meningkatkan berat badan. Pasalnya, melakukan olahraga secara rutin dapat membentuk massa otot sehingga tubuh menjadi lebih berisi. Pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menambah berat badan diantaranya olahraga aerobic, angkat beban, bersepeda, berenang, atau berlari. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukannya dengan durasi waktu 20-30 menit per hari.

5. Memilih camilan sehat

Untuk menambah berat badan, kamu juga bisa dengan mengonsumsi camilan yang sehat. Beberapa pilihan camilan sehat bisa kamu konsumsi diantaranya jagung rebus, kurma, salad sayur, kacang, kentang, selai kacang, dan keripik pisang. Usahakan untuk menghindari camilan yang diolah dengan digoreng karena dapat memperlambat pencernaan dan menambah kolesterol jahat, serta lemak pada tubuh.

Nah, itulah sejumlah cara sederhana yang dapat dilakukan untuk kamu yang ingin menambah berat badan agar ideal. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak