alexametrics

Luka tapi Tidak Berdarah, 7 Cara Mengatasi Sakit Hati Ketika Mantan Menikah

Andi Nitha Nahf
Luka tapi Tidak Berdarah, 7 Cara Mengatasi Sakit Hati Ketika Mantan Menikah
Ilustrasi sedih (pexels.com/ksenia-kartasheva)

Mendengar mantan akan menikah dengan kekasih barunya membuat luka di hati. Apalagi jika kamu masih menyimpan rasa sayang dengan sang mantan.

Kamu tidak boleh larut dalam kesedihan karena luka di hati. Bukankah kamu sendiri sudah mengambil keputusan? Jika kesedihan masih menggelayut di dada, berikut tujuh cara mengatasi luka di hati, karena mantan menikah duluan:

1. Menenangkan diri dan merenung

Mendengar mantan telah menemukan jodoh terlebih dahulu ada perasaan sedih dan tertekan, apalagi jika kamu masih ada rasa cinta. Salah satu cara ampuh untuk mengatasi perasaan tersebut adalah menenangkan diri misalnya, dengan cara meditasi. Psikolog asal Chicago Robbie Malter Hartman, Ph.D., menjelaskan dengan melakukan meditasi dapat memberikan ketenangan batin dan diri.

2. Curhat dengan orang terdekat

Jika rasa sedih tidak dapat di tahan, kamu bisa bercerita pada orang dekat dan dipercaya. Ceritakan apa yang kamu rasakan maka dengan demikian sedikit demi sedikit rasa sedih akan berkurang dan akhirnya hilang. Keberadaan orang terdekat akan memberi nasehat dan menguatkan dirimu.

3. Belajar bersyukur  

Coba diingat apa yang menjadi masalah saat mengambil keputusan berpisah. Berarti dengan adanya masalah tersebut menjadi penyebab kamu dan pacar tidak dapat berjalan bersama lagi. Jadi tidak usah bersedih saat mantan menikah. Seharusnya kamu bersyukur karena dengan putus menandakan mantan bukanlah orang yang tepat untuk menjadi pendapingmu. 

Seoerti dikutip dari Sonja Lyubomirsky, Ph.D., psikolog dari University of California Riveride America Serikat, bersyukur dapat membantu meningkatkan energi, mengikis rasa sakit, dan melepas kesedihan.

4. Hentikan menguntit media sosial mantan  

Hapus saja pertemananmu daengan mantan di media sosial. Karena jika masih, mantan akan selalu membayangi kamu. Selain itu kamu tidak akan lepas dari rasa sedih, kecewa, dan marah terhadap mantan.

5. Tidak usah mencari tahu siapa calon sang mantan

Jika kamu sudah mengambil sikap putus dari mantan, maka tidak usahlagi mencari informasi tentang mantan dan calonnya. Biarkan mereka menjalani kehidupannya, demikian juga kamu. Sikap mencari tahu siapa calon sang mantan akan memmbuat kamu membanding-bandingkan dengan dirimu. Hal tersebut tidak ada gunanya.

6. Jangan cemburu berlebihan

Wajar jika kamu punya rasa cemburu pada mantan. Namun tidak usah seluruh dunia tahu denganmenulis status di media sosialmu, ya. Kamu harus punya harga diri, jangan sampai semua orang menilai kamu rendah karena dibakar api cemburu.

7. Treveling bersama teman-teman

Saat melihat mantan menikah dengan orang lain tentu akan terbayang kenangan kamu bersamanya. Rasa marah, sedih, dan kecewa menghampiri. Kamu tidak boleh membiarkan diri terpuruk dalam keadaan ini. Kamu perlu energi positif dari orang sekitarmu. Salah satu caranya bisa traveling bersama teman-teman agar dapat melupakan hal tentang mantan.

Guys, bersedih boleh, namun jangan terlalu lama larut. Ikhlaskan saja karena dia memang bukan yang terbaik untukmu. Lupakan semua kenangan masa lalu dan mulai merancang masa depan kembali.     

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak