alexametrics

4 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Kenali Kelebihanmu!

Xandra Junia In
4 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Kenali Kelebihanmu!
Ilustrasi Kurang Percaya Diri. (freepik)

Terlihat mudah, namun agar dapat percaya diri ternyata susah untuk dilakoni. Memikirkan hal tersebut bisa menguras waktumu yang seharusnya dipakai untuk aktivitas lain. Misalnya, istirahat. Akibatnya, kesehatanmu menjadi terganggu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini ada 4 tips untuk meningkatkan rasa percaya dirimu yang tengah hilang.

1. Kenali kelebihanmu

Seseorang yang tidak percaya diri biasanya hanya akan mengetahui dirinya dari segi kekurangan saja. Padahal, setiap manusia pasti memiliki kelebihan. Apapun itu, di bidang manapun itu. Oleh karenanya, kamu perlu mengenali keunggulan tersebut.

Begitu tahu apa kelebihanmu, rasa percaya diri akan muncul dengan sendirinya. Berkaca pada cermin dan katakan bahwa kamu mampu melakukan sesuatu yang tengah dihadapi. Jangan sampai mudah dikalahkan oleh segala kekurangan yang dimiliki.

2. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ketika ada seseorang yang lebih unggul, apa yang kamu lakukan? Beberapa diantaranya mungkin membanding-bandingkan dengan dirinya sendiri. Hal itulah yang membuatmu menjadi kurang percaya diri.

Seperti penjelasan pada poin pertama, manusia dianugerahi kelebihan oleh sang Pencipta. Jadi, meskipun orang tersebut lebih unggul di bidang A, belum tentu ia baik di bidang B atau yang kamu geluti. Maka dari itu, kurangi membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, ya!

3. Ikut kegiatan sosial

Bersosialisasi sangat dibutuhkan untuk membangun relasi. Gunanya, agar kamu mendapat informasi serta pengalaman dari orang lain. Tentu keduanya dapat dijadikan pelajaran bagi kehidupanmu. Termasuk saat sedang tidak percaya diri.

Mengikuti kegiatan sosial akan memberimu motivasi serta saran agar kamu dapat kembali mempercayai dirimu sendiri. Selain itu, kamu juga akan terbiasa berbicara pada orang banyak. Jadi, saat dipilih untuk menjadi pimpinan rapat di tempat kerja, kamu bisa lebih percaya diri.

4. Lakukan kegiatan yang disukai

Apapun yang disukai pasti dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Termasuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, dalam dunia kerja. Kamu akan terlihat percaya diri dan nyaman ketika bekerja pada bidang yang disukai. Betul, kan?

Namun, jika profesi saat ini bukanlah cita-citamu, tidak perlu sedih. Kamu dapat melakukan hobi di luar jam kerja. Gunanya untuk menghibur dan meningkatkan rasa percaya diri yang hilang karena ketidaksesuaian pada bidang pekerjaanmu tersebut.

Itulah keempat tips untuk meningkatkan rasa percaya diri. Ingat, kamu bukanlah orang lain. Perlu diyakini bahwa kamu juga mampu dan berhak atas sesuatu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak