facebook

10 Tips Agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Heni
10 Tips Agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi
Ilustrasi membersihkan rumah. (Shutterstock)

Merapikan dan membersihkan rumah menjadi pekerjaan yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Berikut ini tips agar rumahselalu terlihat bersih dan rapi:

1. Jangan biarkan tempat tidur berantakan

Kebiasaan merapikan tempat tidur langsung setelah bangun seringkali dikaitkan dengan kehidupan yang sukses dan teratur. Untuk memulai hari dengan sempurna, mulailah dengan merapikan tempat tidur. Ganti seprai dan sarung bantal setiap minggu agar kamar bersih dan segar.

2. Selalu cuci peralatan makan dan peralatan masak setelah selesai digunakan

Kebiasaan mencuci peralatan masak dan peralatan makan tepat setelah digunakan akan membuat rumah terlihat rapi dan bersih karena tidak ada tumpukan piring kotor di westafel.

3. Bersihkan meja setelah selesai memasak

Meja yang kotor akan mengundang hama seperti tikus dan kecoa serta membuat dapur terlihat lebih buruk. Singkirkan sisa-sisa makanan yang ada dan bersihkan meja agar dapur lebih enak dipandang.

4. Cucilah pakaian kotor setiap hari

Kebiasaan mencuci setiap hari akan mengubah hidup Anda. Jika Anda orang yang sibuk dengan pekerjaan, cobalah untuk mencuci dimalam hari atau tinggalkan pakaian kotor dimesin cucui sebelum berangkat kerja kemudian angkat pada saat Anda sudah pulang kerja.

5. Selalu bersihkan Westafel

Percikan pasta gigi dan rambut di westafel kamar mandi akan membuat kamar mandi terlihat buruk. Bersihkan westafel dan keran dikamar mandi Anda setelah selesai digunakan.

6. Buanglah kertas-kertas yang tidak penting

Surat, tagihan, selebaran, katalog dan koran adalah penyebab meja dirumah terlihat kotor. Pilih mana yang penting kemudian buang yang tidak terpakai. Ini akan membuat meja terlihat bersih dan rapi.

7. Gunakan keset

Keset akan membantu mengurangi tanah atau pasir ikut masuk kedalam ruangan rumah.

8. Bereskan sebelum menumpuk

Sebagian orang terkadang malas mencuci piring setelah makan atau membuang sampah makanan ringan. Jangan biarkan hal itu menambah pekerjaan ekstra diwaktu berikutnya. Segera bereskan agar tidak menumpuk.

9. Lakukan rutinitas shutdown dapur

Merapikan dapur dimalam hari akan akan membantu mengurangi beban kerjaan dihari beriutnya dan mencegah hama rumah tangga seperti tikus.

10. Rutin membersihkan rumah sesuai jadwal

Bayangkan betapa sulitnya membersihkan noda kopi yang tumah jika kamu membiarkannya semalaman. Mengepelnya segera hanya memakan waktu yang singkat maka jangan sampai ditunda.

Banyak orang merasa membersihkan rumah pekerjaan yang sangat melelahkan, hal ini karena rumah tidak dibersihkan dengan rutin sehingga menjadi lebih kotor. Jadi jangan sampai menunggu rumah terlihat berantakan baru mulai membersihkannya.

Nah itu dia tadi tips yang bisa kamu terapkan agar rumah selalu bersih dan rapi.

Sumber : https://houesewifehowtos.ccom/clean/10-tips-to-keeping-a-clean-house/

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak