alexametrics

Mahasiswa Wajib Tahu! Tips Investasi di Masa Pandemi

Fathyah
Mahasiswa Wajib Tahu! Tips Investasi di Masa Pandemi
Ilustrasi investasi (unplash).

Pada saat pandemi ini, banyak sekali orang-orang yang kekurangan penghasilan, bahkan ada beberapa di antaranya yang kehilangan pekerjaan. Sebagai mahasiswa yang masih di bawah tanggung jawab orangtua, tentu beberapa kamu masih mendapatkan pemasukan.

Tapi tahukah kalian bahwa orang tuamu juga pasti merasakan dampak ekonomi akibat pandemi ini. Sebagai contoh, uang jajan kamu terpotong karena keterbatasan biaya dan keperluan lainnya.

Sebenarnya mempunyai tabungan saja sudah lumayan membantu, tapi tidak cukup untuk keperluan besar lainnya seperti kamu ingin membeli laptop yang lebih bagus untuk kuliahmu. Untuk sebagian orang dengan ekonomi yang cukup mungkin tidak masalah, tapi untuk kamu yang ekonominya serba cukup tentu ini tidak bisa.

Selain tabungan kamu juga membutuhkan investasi. Lalu investasi seperti apa yang seharusnya dilakukan dimasa pandemi ini? Memangnya bisa pandemi seperti ini melakukan investasi?

Menurut pendapat Bekti Sutikna (trader), investasi yang baik adalah dengan melakukan pembangunan literasi diri dan mengelola sendiri, lebih awal lebih baik. Ini dikarenakan kamu dapat 'aware' jika terjadi sesuatu yang mendesak, yang mengharuskanmu untuk menggunakan uang jajan atau tabunganmu. Bekti membagikan beberapa tips untuk mahasiswa dalam berinvestasi.

  1. Sisihkan uang jajan dengan menekan pengeluaranmu. Batasi pembelian yang kurang penting.
  2. Ketahui profil risiko, temukan gaya investasi/trading saham yang sesuai. 
  3. Pilih dan pelajari cara analisa saham seperti analisa teknikal, analisa fundamental, analisa volume atau bandarmologi.
  4. Lakukan investasi/trading saham secara konsisten. Ingat konsisten ya.
  5. Ketika kamu hendak memilih trading, pelajari risiko dan cara membatasi kerugian (cut loss). Jika sekiranya pendapatanmu mendapatkan profit (keuntungan) dari trading, amankan ke akun terpisah untuk dana 'safety fund' masa depan.
  6. Selanjutnya jika kamu terus konsisten dalam berinvestasi dalam jangka panjang, kamu akan mendapatkan berbagai macam manfaat dan keuntungan.
  7. Sebaiknya kamu terus belajar cara berinvestasi. Investasi terbaik adalah untuk pengembangan dirimu. Kamu harus bisa mengatur keuanganmu sebaik mungkin.

Memasuki usia dewasa dimasa perkuliahan seharusnya kamu sudah mulai bisa menentukan mana yang terbaik untuk keuanganmu. Terlebih ditengah kondisi ekonomi yang sedang memburuk seperti ini. Jadi coba saja untuk belajar berinvestasi atau menabung.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak