alexametrics

Tips Atasi Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Jangan Sampai Terjebak!

Lirt
Tips Atasi Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Jangan Sampai Terjebak!
Ilustrasi bahagia. (Unsplash.com/Allef Vinicius)

Selain putus cinta, cinta bertepuk tangan juga sakitnya bukan main di hati. Namun apa boleh buat cinta tak bisa di paksakan pada diri seseorang begitu saja.

Perasaan cinta bertepuk sebelah tangan ini cukup rumit, karena kamu pasti sudah membayangkan hubungan yang spesial dengan dia dan nantinya akan hidup bersama, tapi sebenarnya kamu hanya akan menelan pil pahit karena pasanganmu tidak membalas seperti yang kamu inginkan.

Untuk mengatasi perasaan ini yang pertama yang harus kamu lakukan yaitu:

1. Sadar dan mengakui bahwa cintamu tidak terbalas

Kita semua tahu bahwa mengakui cinta bertepuk sebelah tangan memang tidaklah mudah, bahkan sakitnya bisa dua kali lipat dari putus cinta.

Tetapi, semakin cepat kamu menyadari pengaruhnya pada dirimu dan tingkat emosionalmu tentang perasaan ini, kamu semakin cepat pula untuk bertindak mengatasinya.

Kamu harus mencoba menempatkan posisimu jika kamu menjadi si doi. kamu tentu akan berfikir bahwa dirimu telah salah mencintai seseorang yang tidak berpikir untuk membalasnya lebih.

Dari sini kamu bisa belajar untuk lebih peduli dengan  dirimu sendiri dan berhenti berkspektasi tentang dia.

2. Menyibukkan diri dengan hal positif

Daripada sibuk menghayal dan berekspektasi, lebih baik kamu sibukkan diri dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang tentu membuat kamu lebih produktif, seperti mengembangkan keterampilan yang selama ini tersembunyi di dalam dirimu dan mencoba hal-hal baru tentu sangat menyenangkan.

3. Membuat support system mood system

Dunia ini luas dan kamu tidak hanya sendirian, ada banyak orang di sekelilingmu yang sayang sama kamu.

Tentu kamu bisa memulai kembali komunikasi yang intens dengan keluarga atau teman-teman kamu, seperti pergi hangout bareng.

Well , sekarang banyak di kalangan Milenial mengembalikan mood dengan cara ngestan Idol KPOP seperti BTS, NCT, dll.

dan menurut para Kpopers, ngestan Idol itu sangat menghibur mereka di kala posisi badmood, down, ataupun tidak percaya diri.

4. Jaga jarak

Jaga Jarak Ini sangat penting! Setelah kamu menyadari perasaan ini, kamu harus lebih realistis tentang hubunganmu, dan kamu harus menciptakan sebuah batasan.

Batasan yang dimaksud adalah batasan standar komitmen yang kamu inginkan serta timbal balik cinta yang kamu beri terhadap dia, Jika dia tidak memenuhi standar komitmen yang kamu tetapkan, coba untuk mulai menjauh.

Semakin kamu mengetahui apa yang kamu inginkan dalam suatu hubungan, maka  semakin kecil pula kemungkinan untuk kamu berada dalam hubungan yang bertepuk sebelah tangan.

5. Belajar dari pengalaman

Pengalaman merasakan cinta bertepuk sebelah tangan tentu akan menimbulkan perasaan "trauma" seperti takut untuk memulai hubungan lagi bahkan tidak ingin dan khawatir akan sama dengan cinta yang sebelumnya.

Nah , maka dari itu penting bagi kamu untuk belajar dari pengalaman. Karena pengalaman inilah yang akan membentuk karakter kamu menjadi lebih baik kedepannya.

Kamu akan mengenal dirimu lebih baik, kamu akan lebih mandiri, kamu mengetahui apa yang kamu inginkan dalam hidup, dan memiliki gambaran tentang cinta dan perhatian yang sepantasnya kamu dapatkan dari pasanganmu di masa depan.

Teman-teman , tentu melakukan semua ini tidaklah mudah tapi sangat berdampak positif untuk diri kamu di kemudian hari. Tetap semangat dan bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak