alexametrics

Kenali 4 Jenis Konten Media Online, Mana Favoritmu?

Xandra Junia In
Kenali 4 Jenis Konten Media Online, Mana Favoritmu?
Ilustrasi Konten Media Online (freepik)

Saat ini, segala aktivitas sudah dilakukan secara daring, termasuk memperoleh informasi. Hanya bermodalkan ponsel dan internet saja sudah bisa mendapatkan apapun yang dibutuhkan dari media sosial.

Nah, dari banyaknya konten yang tersebar, berikut 4 jenisnya yang perlu kamu ketahui.

1. Foto

Foto adalah gambar non gerak yang dihasilkan oleh kamera. Sejak beberapa tahun lalu, foto sudah bisa dinikmati pada penggunaan ponsel dan gadget lainnya.

Informasi juga bisa disampaikan melalui foto dengan ilustrasi serta tulisan unik di dalamnya. Bisa berupa berita, kata-kata motivasi, atau ilmu pengetahuan.

Situs konten berbentuk foto yang populer, antara lain, Instagram, Facebook, dan Pinterest. Kamu akan dengan mudah menemukan banyak gambar menarik di sana. Mulai dari yang sesuai minat, hingga yang mungkin tidak disukai.

2. Video

Definisi video adalah gambar bergerak yang juga diambil menggunakan kamera. Bisa digabungkan dengan audio atau tidak. Jenis ini banyak disukai karena lebih efektif dalam menyampaikan informasi.

Selain jelas, seseorang juga merasa lebih senang karena di beberapa konten dibumbui animasi menarik. Oleh karenanya, saat tengah menyimak sebuah video, jarang ada yang merasa bosan.

Konten video bisa ditemukan di berbagai situs. Namun, yang sedang populer saat ini adalah YouTube dan Tiktok. Segala informasi bisa kamu dapatkan di sana. Mulai dari tutorial, tips, dan masih banyak lagi.

Tidak jarang juga yang membagikan konten-konten lucu, sehingga kamu yang tengah sedih atau kurang bersemangat dapat terhibur.

3. Audio

Audio adalah suara yang dikumpulkan oleh alat perekam dan juga sudah menjadi salah satu fitur di berbagai gadget.

Dulu, ada yang menyiarkan konten jenis ini berupa berita maupun musik dan populer di seluruh penjuru dunia. Ada yang tahu di mana? Ya, radio. Namun, keberadaannya saat ini sudah minim peminat.

Platform dengan konten berbentuk audio yang tengah digandrungi sejak beberapa tahun terakhir adalah Spotify. Awalnya, hanya diisi lagu-lagu dari para musisi.

Namun, seiring berjalannya waktu, Spotify dijadikan sarana berbagi informasi, yang dinamakan podcast. Ada yang menyampaikan pengalaman lucu, horor, romantis, tragis, dan masih banyak lagi.

4. Teks

Konten jenis teks sepertinya tak akan lekang oleh waktu. Pasalnya, informasi berbentuk tulisan ini dapat meningkatkan minat baca dan literasi seseorang.

Artikel merupakan konten berupa teks yang paling populer. Hal ini dikarenakan isinya yang cenderung jelas dan ringkas, serta ditambahkan berbagai ilustrasi agar pembaca semakin tertarik.

Lalu, situs yang juga membagikan konten teks adalah Twitter. Media sosial satu ini sempat redup di awal kemunculan Instagram. Namun, kini namanya kembali bersinar dan menjadi salah satu sumber informasi tercepat.

Itulah keempat jenis konten yang bisa kamu nikmati secara online. Kira-kira, mana yang menjadi favoritmu untuk mendapatkan sebuah informasi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak