alexametrics

Sudah Tahu Belum? Berikut 4 Hormon Bahagia dan Cara Mendapatkannya

Funcrev
Sudah Tahu Belum? Berikut 4 Hormon Bahagia dan Cara Mendapatkannya
Ilustrasi seseorang yang tengah bahagia. (Unsplash/Antonino Visalli)

Tahukah kamu bahwa rasa bahagia yang dirasakan manusia dipengaruhi oleh beberapa hormon. Adapun hormon adalah bahan atau senyawa kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh. Hormon-hormon ini melakukan perjalanan melalui aliran darah, serta bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh.

Salah satu fungsi penting hormon adalah mengatur suasana hati yang biasa disebut dengan hormon bahagia. Adapun hormon bahagia tersebut adalah dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorfin. Berikut cara meningkatkan hormon-hormon tersebut dalam tubuh kita.

1. Dopamin

Hormon dopamin merupakan salah satu hormon yang dapat menimbulkan perasaan bahagia dan kesenangan diri. Dalam tubuh, dopamin membawa pesan berupa senyawa kimia pada otak dan mempunyai banyak fungsi, antara lain, motivasi, memori, dan mengatur gerakan tubuh. Beberapa cara untuk meningkatkan senyawa dopamin dalam tubuh adalah dengan makan enak, tidur cukup, banyak tertawa, olahraga dan meditasi.

2. Oksitosin

Sering disebut 'hormon cinta', oksitosin sangat berperan penting dalam menjalani hubungan percintaan. Hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, empati, dan ikatan dalam hubungan percintaan. Manfaat lain dari hormon ini antara lain, seperti mengurangi rasa sakit, mengurangi stres, dan membuat perasaan membaik.

Adapun untuk meningkatkan hormon ini dalam diri adalah melalui sentuhan-sentuhan fisik seperti berpelukan, berbagi cerita, melakukan kebaikan, pijatan, dan aktivitas yang memacun adrenalin.

3. Serotonin

Serotonin adalah salah satu hormon penting dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Hormon ini berperan sebagai neurotransmiter atau pengantar sinyal antar jaringan saraf. Selain mengatur suasana hati, hormon ini juga berperan dalam kualitas tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori. 

Cara mudah meningkatkan hormon ini dalam tubuh kita, seperti meningkatkan kegiatan spiritualitas (berdoa dan beribadah), menikmati pemandangan, berjemur di bawah sinar matahari, olahraga, dan mengonsumsi makanan yang berprotein.

4. Endorfin

Endorfin adalah hormon yang berperan dalam meredakan rasa sakit yang menimbulkan rasa bahagia. Kadar endorfin akan secara alami meningkat saat Kamu melakukan aktivitas yang menimbulkan perasaan senang dan memuaskan seperti makan makanan enak, berolahraga, tertawa, mendengarkan musik, atau menonton film.

Itulah tadi beberapa hormon bahagia dalam tubuh dan cara meningkatkannya. Seperti yang dikatakan pepatah, bahagia itu sederhana, karena sebenarnya rasa itu berasal dari dalam tubuh kita, kita hanya harus tahu bagaimana cara meningkatkannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak