alexametrics

4 Alasan Konten YouTube Reaksi WNA terhadap Indonesia Cepat Laku

Xandra Junia In
4 Alasan Konten YouTube Reaksi WNA terhadap Indonesia Cepat Laku
Ilustrasi Youtuber (freepik)

Baru-baru ini seorang YouTuber WNA atau warga negara asing dinilai tidak kreatif oleh banyak warganet. Bukan tanpa alasan, hal itu karena konten YouTube miliknya dipenuhi reaksi terhadap hal-hal berbau Indonesia.

Indonesia memang dikenal sebagai pasar internet yang menjamin. Tidak heran jika mereka banyak memilih konten yang berkaitan dengan Indonesia.

Tak hanya itu, di bawah ini juga ada 4 alasan lainnya mengapa konten WNA lebih cepat laku saat membahas tentang Indonesia.

1. Penasaran

Konten YouTube yang menyangkut apapun tentang negara sendiri pasti mengundang rasa penasaran. Terlebih jika yang menjadi pengisi bukanlah warga asli. Otomatis, video tersebut banyak di-klik dan menghasilkan ratusan bahkan jutaan penonton.

Oleh karena itu, banyak WNA yang menggunakan strategi ini untuk menarik jumlah penonton dan pengikut. Mereka tahu bahwa masyarakat lokal akan tertuntun dengan konten-konten yang menyangkut Indonesia.

2. Overproud

Selain penasaran, masyarakat Indonesia juga mudah bangga dengan apapun dan siapapun yang membawa nama negaranya. Bahkan, hingga memujinya secara berlebihan atau dikenal dengan nama overproud.

Misal, saat ada WNA yang menyantap kuliner khas nusantara, atau mengatakan hal baik tentang Indonesia. Kebanyakan orang akan bangga dan menjadikannya panutan yang akan terus-terusan dibahas.

Contoh lain, ketika bertemu WNA di jalan. Pasti banyak warga lokal yang minta untuk berfoto. Hal tersebut membuat mereka berpikir bahwa orang Indonesia akan menganggap masyarakat asing seperti tokoh penting.

Sebenarnya, rasa bangga bukanlah sesuatu yang dilarang, asal tidak berlebihan atau sesuai dengan porsinya.

3. Mudah Dibawa

Kebanyakan warga lokal juga akan mudah dibawa oleh siapa pun yang membahas mengenai Indonesia. Terlebih jika idolanya dijadikan bintang tamu. Otomatis, mereka akan rela melakukan apa saja.

Misalnya, "siapa yang mau aku bawa BTS buat konten minggu depan? sebarkan video aku dan subscribe sampe 1 juta dulu, ya!"

Nah, jika sudah begitu, bukankah sulit untuk menolak? Apalagi menjadi pengikut tidak perlu bayar.

4. Suka yang Beda

Para warga lokal juga senang dengan konten yang berbeda. Misal, tentang kuliner Indonesia yang mungkin dipikir akan seperti pada umumnya, jika diulas oleh orang asli negara ini.

Untuk itu, mereka mencari YouTuber yang sekiranya belum pernah menyantap makanan tersebut. Hal ini juga berlaku bagi warga lokal yang mengulas kuliner luar negeri, seperti samyang dan tteokbokki.

Nah, itulah keempat alasan mengapa konten reaksi warga negara asing (WNA) terhadap Indonesia bisa cepat populer. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak