alexametrics

7 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Heni
7 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas
Ilustrasi pisang (Pexels/Dom J)

Menyimpan makanan di kulkas biasanya dilakukan dengan harapan agar bisa awet dan segar tahan lama. Ternyata beberapa bahan makanan justru tidak disarankan untuk disimpan dalam kulkas karena dapat merubah rasa, tekstur, bahkan menyebabkan cepat busuk.

Disadur dari geappliances.com, berikut bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan didalam kulkas :

1. Pisang

Dua hal yang menjadi alasan pisang lebih baik disimpan di ruangan terbuka daripada di kulkas adalah :

  • Suhu hangat dapat membantu proses pematangan pada buah pisang yang masih mentah, sehingga jika disimpan di kulkas, pisang tidak bisa matang.
  • Sebaliknya, jika pisang sudah matang, sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas karena cahaya dan udara dapat memperlambat proses pembusukan.

2. Kopi

Menyimpan kopi di dalam kulkas akan mengubah rasanya. Sebaiknya masukan kopi ke dalam wadah tertutup rapat, kemudian simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Alpukat Mentah

Alpukat merupakan jenis buah klimaterik. Alpukat akan memproduksi gas etilen yang menandakan mulainya proses pematangan.

Bila alpukat Mentah disimpan di dalam kulkas, maka buah tidak dapat memproduksi etilen, sehingga alpukat akan terus mentah.

4. Roti

Menyimpan roti didalam kulkas dapat menyebabkan roti mudah basi. Roti akan kering dan mengeras hingga akhirnya berjamur. Sebaiknya simpan roti di suhu ruangan dengan plastik tertutup rapat agar lebih tahan lama.

5. Kentang

Menyimpan kentang di kulkas ternyata bukan ide yang baik. Kentang yang disimpan dalam kulkas akan menjadi keras dan terasa manis saat digoreng. Selain itu, gula yang terdapat dalam kentang akan bergabung dengan asam amino asparagin, sehingga reaksi tersebut menghasilkan senyawa yang bernama acrylamide. Acrylamide merupakan karsinogen genotoksik yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

6. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu jenis bahan makanan yang tidak boleh disimpan dalam tempat lembab, seperti di kulkas. Bawang akan menyerap uap air sehingga menjadi mudah busuk.

Bawang putih yang disimpan didalam kulkas biasanya akan berubah warna dan tekstur menjadi seperti karet. Sedangkan bawang merah biasanya akan menjadi lembek dan mudah busuk.

7. Melon

Kebanyakan orang pastinya akan menyimpan melon didalam kulkas dengan alasan agar bisa awet. Menyimpan melon di kulkas ternyata dapat menyebabkan berkurangnya kandungan antioksidan dalam buat tersebut. Selain itu, tekstur buah akan menjadi lembek.

Itulah beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak