facebook

4 Alasan Anak Pertama Sering Dianggap Kuat, Kamu Sepakat?

Xandra Junia In
4 Alasan Anak Pertama Sering Dianggap Kuat, Kamu Sepakat?
Ilustrasi Wanita Berprinsip. (pixabay.com/danatentis)

Pasti kamu sering mendengar jika anak pertama atau anak sulung adalah seseorang yang paling kuat, khususnya wanita. Beban mereka tak hanya soal masalah pribadi, tapi juga seluruh anggota keluarga.

Nah, di bawah ini ada 4 alasan mengapa anak pertama seringkali dianggap kuat oleh banyak orang.

1. Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Anak pertama seringkali menjadi tulang punggung, yang berarti ia bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. 

Biasanya hal seperti ini dilakukan jika kedua orang tua tidak memungkinkan untuk bekerja atau sudah meninggal dunia. Jadi, ia harus membiayai adik-adiknya. Mulai dari makan hingga pendidikan.

Belum lagi jika pendapatan dari satu job tersebut dirasa kurang, mereka akan mencari pekerjaan tambahan. Intinya, anak yang menjadi tulang punggung ini tidak ingin keluarganya menderita. 

Oleh karena itu, ia bekerja dengan keras dan giat. Bahkan, tanpa memperdulikan panas terik dan cuaca dingin saat hujan. Baginya, keluarga adalah sosok paling penting.

2. Tanggung Jawab Penuh

Selain membiayai hidup, anak pertama juga seringkali bertanggung jawab penuh atas keluarga. Berbagai masalah harus mampu ia hadapi. Terlebih jika orang tua yang sudah tak lagi menemani.

Satu contoh, saat adik-adiknya terlibat masalah. Tentu sebagai kakak tertua, ia berada di garda terdepan untuk segera menyelesaikannya. Bisa disimpulkan jika kebanyakan anak pertama memiliki sifat pemberani dan kuat.

Contoh lain, jika orang tuanya masih ada, seringkali ia dijadikan tempat berkeluh kesah. Jadi, tak hanya soal pribadi, anak pertama ini juga banyak yang bertanggung jawab dalam segala permasalahan keluarga.

3. Panutan Adik

Alasan anak pertama sering dianggap kuat juga karena ia perlu menjadi panutan adik-adiknya. Ia harus terlihat seperti orang yang selalu memotivasi dan berenergi positif. 

Mungkin banyak dari mereka yang merasa tidak pantas namun tetap harus menjadi panutan. Itu yang dianggap beban dan membuatnya kuat karena harus selalu terlihat baik, meskipun pura-pura.

Hal tersebut dikarenakan mereka tidak ingin adik-adiknya berperilaku buruk. Justru mereka berharap bisa saudaranya itu dapat lebih baik dengan berbagai pencapaian yang belum pernah diperoleh pada keluarga masing-masing.

4. Sabar

Terakhir, anak pertama juga identik dengan sifat sabar. Kebanyakan dari mereka bisa terus menjalani hidup meskipun di tengah kondisi yang sedang sangat melelahkan.

Mereka selalu mengurungkan niat untuk menyerah karena ingat akan keluarga yang tidak mungkin ditinggalkan. Jadi, saat ada masalah hidup menerpa, mereka berusaha untuk sabar dan berharap segalanya cepat usai.

Itulah keempat alasan mengapa anak pertama seringkali dianggap kuat oleh banyak orang. Apakah kamu setuju dengan poin-poin tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak