alexametrics

4 Faktor Penunjang Rasa Nyaman Seseorang di Tempat Kerja

Xandra Junia Indriasti
4 Faktor Penunjang Rasa Nyaman Seseorang di Tempat Kerja
Ilustrasi kantor (Pixabay/Free-Photos)

Tak hanya sekadar mencari rezeki dan memberi kontribusi, bekerja juga nyatanya butuh rasa nyaman. Gunanya agar seluruh aktivitas yang dilakukan disana dapat berjalan dengan lancar dan bertahan lama.

Misal, 4 faktor di bawah ini yang dianggap menjadi penunjang rasa nyaman seseorang di tempat kerja.

1. Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar tempat kerja yang meliputi karyawan lain ini merupakan faktor penunjang timbulnya rasa nyaman bagi seseorang. 

Misal, yang bisa diajak kerja sama dan tidak menusuk dari belakang. Makna istilah ini adalah hanya berbuat baik saat di depan orang yang bersangkutan. Masih ada lho yang tidak menunjukkan perilaku dan sifat aslinya.

Pasalnya, banyak yang mengeluh merasa kurang nyaman dan bahkan hingga resign karena tidak adanya kecocokan dengan lingkungan tempat kerja. Terlebih jika tahu dirinya sering diberi komentar atau respons buruk.

Hal seperti itu akan sangat mempengaruhi mental sehingga mereka akan kehilangan minat dalam beraktivitas. Akibatnya, pekerjaan menjadi tak terkendali.

Oleh karenanya, lingkungan yang baik berpengaruh tinggi dalam menunjang kenyamanan seseorang untuk bekerja.

2. Gaji

Selain lingkungan sekitar, gaji juga termasuk ke dalam faktor penunjang rasa nyaman seseorang di tempat kerja. Terlebih saat mengingat biaya hidup yang semakin tinggi tiap waktunya.

Gaji yang membuat seseorang nyaman adalah diatas rata-rata aturan pendapatan daerah dan sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan. Pasalnya, banyak perusahaan yang menaruh harga murah atau bahkan dianggap kurang manusiawi.

Hal ini tentu mempengaruhi kinerja seseorang yang bisa saja menurun karena kurang nyaman dengan pendapatan tersebut. Namun, banyak dari mereka yang bertahan demi kebutuhan tetap terpenuhi.

Oleh karenanya, jika berbicara realita, gaji tinggi adalah satu faktor terbesar yang menjadi pemicu rasa tenang serta bahagia bagi setiap orang.

3. Atasan

Atasan yang bertanggung jawab, dan mengerti keadaan karyawan adalah faktor penting lainnya dalam menunjang rasa nyaman pada tempat kerja.

Jika atasan terlalu kasar dan tidak peduli nyatanya dapat memicu rasa malas dari karyawan tersebut. Lalu, siapa yang rugi? Tentu banyak pihak, termasuk dirinya sendiri.

Jadi, koordinasi yang baik antar atasan dan bawahan sangat diperlukan demi terciptanya kenyamanan saat bekerja.

4. Daftar Pekerjaan

Seseorang direkrut pada sebuah tempat kerja karena kemampuan yang dimiliki serta dapat dipercaya untuk mengisi bagian kosong disana.

Satu profesi terdiri dari beberapa pekerjaan yang biasanya mutlak. Namun terkadang, di pertengahan masa jabatan tersebut justru diberi tambahan lain. Alasannya, karena ia adalah karyawan yang rajin dan teladan.

Padahal, penambahan daftar pekerjaan apalagi yang tidak sesuai pada bidangnya itu dapat menimbulkan rasa kurang nyaman. Ia akan terus-terusan mengeluh dan tidak ikhlas dalam melakukannya.

Akibatnya, pekerjaan mungkin menjadi tak terkendali dan bisa berujung fatal begitu ia memutuskan untuk berhenti.

Itulah keempat faktor yang dianggap sebagai penunjang rasa nyaman seseorang di tempat kerja. Lalu, nomor berapa yang paling berpengaruh untukmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak