facebook

4 Metode Canggih bagi Orang Tua, Lindungi Anak dari Bahaya Internet!

Pekik
4 Metode Canggih bagi Orang Tua, Lindungi Anak dari Bahaya Internet!
Ilustrasi Anak Mengakses Internet. (Unsplash//Ludivic)

Anak-anak zaman sekarang tidak asing lagi dengan penggunaan internet. Segala hal memiliki sisi baik dan buruknya, tak terkecuali dengan internet. Produk hasil kemajuan zaman ini selain bisa memberi manfaat kepada anak-anak, juga mengandung dampak buruk yang mengintai anak-anak.

Hal-hal buruk internet di antaranya penyalahgunaan data, berita-berita hoax, penipuan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, untuk mencegah hal-hal negatif yang ditimbulkan internet kepada anak-anak, para orang tua diupayakan mampu memberi pelajaran tentang penggunaan internet secara sehat.

Mengutip Medcom, berikut ini empat metode canggih yang bisa digunakan orang tua untuk menghindari dampak negatif internet yang bisa saja terjadi kepada anak-anak:

1. Mengunci akses online

Demi kebaikan semua, termasuk anak-anak, ketika menggunakan internet di rumah, diupayakan membuat kata sandi pada jaringan internet yang terpasang di rumah. Kata sandi yang dipakai perlu dibuat yang agak rumit, sehingga tidak disalahgunakan anak-anak ketika mengakses internet tanpa pengawasan orang tua. Kalau perlu, diperbaharui password wifi di rumah secara berkala.

Agar gawai yang digunakan oleh anak-anak ini aman dan terlindungi sebaiknya orang tua memasang otentikasi ganda pada penggunaan ponselnya di rumah. Hal ini dilakukan agar penggunaan internet terbebas dari pembajakan oleh oknum peretas yang tidak bertanggung jawab.

2. Pasang semua perangkat dengan antivirus

Memasang antivirus pada semua perangkat gadget adalah hal penting. Antivirus berfungsi untuk mencegah, mendeteksi dan menghapus virus yang bisa merusak perangkat ponsel.

Biasanya virus-virus pada perangkat elektronik seperti ponsel atau laptop terdapat pada situs-situs dengan konten negatif. Sehingga penting untuk memastikan perangkat tersebut sudah terupdate baik sistem maupun antivirusnya.

3. Gunakan VPN

Selain antivirus, untuk melindungi privasi pada suatu perusahaan yang menggunakan koneksi internet, biasanya disarankan untuk menggunakan Virtual Private Network atau VPN. Hal ini juga bisa dilakukan pada aktifitas penggunaan koneksi internet oleh anak-anak.

VPN adalah jaringan pribadi virtual yang berfungsi untuk menyembunyikan alamat IP atau sama halnya dengan merahasiakan identitas pengguna internet. Sehingga membuat para peselancar dunia maya menjadi aman dan nyaman.

4. Informasikan tentang bahayanya internet

Metode yang keempat ini tidak kalah pentingnya untuk dilakukan oleh para tua kepada anak-anak mereka yang sudah berkecimpung dalam dunia internet. Di samping internet dapat memberikan banyak manfaat, namun jangan lupa mengajarkan akan bahayanya dalam berselancar dalam dunia maya.

Memberikan pelajaran akan dampak negatif karena internet perlu dilakukan sejak dini. Sehingga dapat mencegah dan menghindari penyalahgunaan data pribadi dan risiko penipuan-penipuan lainnya dalam penggunaan internet. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak