facebook

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Memakai Masker agar Tidak Cepat Tua

Andi Nitha
Jangan Lakukan 5 Kesalahan Memakai Masker agar Tidak Cepat Tua
Ilustrasi memakai masker (pexels.com/gabby-k)


Banyak produk masker yang menawarkan keunggulan untuk mengatasi masalah kulit. Tetapi yang harus diketahui apapun produk masker yang dipakai hindari lima kesalahan yang sering dilakukan dan dapat menyebabkan wajah menjadi cepat tua. Mau tahu kesalahan apakah itu? Yuk disimak:

1. Tidak mematuhi waktu pemakaian masker

Sebelum menggunakan masker baca terlebih dahulu berapa lama masker diaplikasikan di wajah. Jika ketentuan 10 menit jangan melebihi.

Jangan beranggapan jika masker digunakan lebih lama akan teratasi masalah kulit wajah. Pemakaian masker yang melebihi waktu akan mengakibatkan wajah kehilangan kelembapan alami.

Wajah akan lebih mudah ditumbuhi jerawat. Selain itu kulit wajah menjadi kering, sehingga memperjelas tanda-tanda penuaan di wajah. Maka patuhi waktu yang direkomendasikan pada petunjuk penggunaan masker, ya.

2. Menggunakan masker tidak sesuai jenis kulit

Gunakan masker sesuai dengan jenis kulit kamu. Apakah jenis kulit kamu termasuk jenis berminyak, kering, atau sensitif.

Jika kamu menggunakan masker yang tidak sesuai dengan jenis kulit maka akan timbul masalah baru pada kulit wajah misalnya, kulit wajah menjadi semakin kering atau pori-pori semakin besar. Kulit wajah yang kering akan memicu garis-garis halus di wajah.

3. Tidak melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati, bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menyamarkan kerutan halus, dan mencegah pori-pori tersumbat.

Selain itu Eksfoliasi juga membuat masker yang dipakai mudah diserap oleh kulit wajah. Maka lakukan eksfoliasi sebelum kamu mengaplikasikan masker di wajah, ya.

4. Memakai masker terlalu tebal

Jangan menggunakan masker terlalu tebal. Hal ini akan menyebabkan minyak alami pada kulit wajah terbuang, sehingga kulit menjadi kering dan mengelupas.

Kondisi ini akan semakin memperparah serta memperjelas garis-garis halus di wajah.

5. Tidak memeriksa kandungan masker metalik

Saat ini sedang marak menggunakan masker metalik seperti, emas dan perak. Masker ini mengandung hyaluronic acid. Zat sangat baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Tetapi pada saat ini ada juga masker metalik yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol ini akan membuat kulit semakin kering terutama untuk kulit sensitif. Maka sebelum menggunakan masker periksa terlebih dahulu daftar kandungan di dalamnya.


Memakai masker wajah secara teratur memang bermanfaat bagi kulit wajah. Tetapi sebelum menggunakan masker, baca dahulu cara pemakaian, serta bahan yang terkandung di dalamnya.

Jika tidak membaca prosedur pemakaian akan mengakibatkan masalah lain pada kulit wajah, sehingga kamu akan terlihat lebih tua karena perubahan yang terjadi pada kulit wajah. Jangan sampai lupa, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak