alexametrics

Tua-tua Keladi, 4 Motor Klasik Ini Masih Digemari sampai Sekarang

Diat Anugrah
Tua-tua Keladi, 4 Motor Klasik Ini Masih Digemari sampai Sekarang
Vespa tertua di dunia.

Dunia otomotif terus berkembang hari demi hari. Penelitian dilakukan oleh pabrikan untuk menghasilkan berbagai inovasi dan perbaikan pada produk mereka. Hal ini agar produk mereka menjadi semakin baik dan kian digemari banyak orang. Dengan begitu, penjualan dan keuntungan pun bisa meningkat.

Namun, motor-motor produksi lama, atau masyarakat biasa menyebutnya motor jadul, motor tua, atau motor klasik, ternyata juga masih banyak digemari. Motor-motor klasik ini memiliki pangsa pasarnya sendiri. Banyak orang yang lebih senang memilih membeli motor klasik dibanding membeli motor baru atau motor bekas, dengan tahun produksi lebih muda.

Akibatnya, motor klasik memiliki harga jual yang relatif stabil. Namun, tidak semua motor klasik banyak penggemarnya. Hanya motor-motor tertentu saja. Hal ini berkaitan dengan beberapa faktor, di antaranya sejarah atau kenangan mengenai motor tersebut, hingga durabilitas atau daya tahan motornya. Lalu, motor klasik apa saja yang masih menjadi primadona dan banyak diburu oleh banyak orang?

1. Vespa

Tidak lengkap rasanya jika membahas motor klasik tanpa motor yang satu ini. Meskipun sudah sangat tua, namun vespa klasik masih menjadi motor favorit bagi banyak orang. Selain karena bentuknya yang khas, vespa juga terkenal akan daya tahannya. Buktinya, meski sudah berumur puluhan tahun, mesin vespa masih dapat digunakan.  Bahkan, mampu menggerakkan bodi yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Meskipun Piaggio sudah memproduksi vespa matic produksi baru, vespa klasik masuk menjadi idaman banyak orang. Sebagai motor klasik yang disukai banyak orang, vespa memiliki harga jual yang tinggi. Hal ini dikarenakan jumlah yang terbatas membuat para kolektor berebut untuk memilikinya. Apalagi vespa dengan kondisi yang baik, harganya bisa sangat fantastis.

2. Yamaha RX King

Kendaraan yang kerap dijuluki raja jalanan ini juga tidak kalah menarik dari vespa. Komunitas pengguna motor ini juga tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan anggota yang sangat banyak. Jika ada komunitas yang mengadakan event di lapangan bola atau alun-alun, tempat akan penuh-sesak oleh motor ini dan penggunanya.

Jika vespa digemari karena bentuknya yang unik, Yamaha RX King terkenal akan tenaga dan kecepatannya. Sesuai dengan karakter mesin 2 tak. Motor ini tidak akan tertinggal oleh motor-motor keluaran baru ketika mengaspal di jalanan. Meskipun tidak jarang mendapat hinaan hingga omelan karena asap knalpot tebal serta suara yang berisik, tidak membuat rider RX King meninggalkan motor ini. Bagi mereka, itu salah satu resiko menggunakan motor 2 tak.

3. Honda Astrea series

Meskipun memiliki bentuk yang biasa saja, tenaga dan kecepatannya juga cenderung kecil, namun Honda Astrea juga memiliki penggemar yang banyak. Bahkan motor ini sedang naik daun beberapa tahun ke belakang. Menurut banyak penggunanya, Astrea melambangkan kesederhanaan.

Selain bentuknya yang sederhana dan konsumsi bahan bakar yang irit, harga, biaya perawatan, serta pajaknya juga murah. Meskipun murah, motor ini juga terkenal jarang mengalami kendala di jalan. Asal dirawat dengan baik, maka dapat digunakan dengan nyaman.

4. Honda CB 100

Masih dari pabrikan Honda, CB 100 juga menjadi motor klasik yang digemari banyak orang. Motor ini digemari karena beberapa hal di antaranya adalah desainnya yang klasik dan elegan, serta mudah untuk dimodifikasi sedemikian rupa sesuai keinginan pemiliknya. 

Dari segi mesin, meskipun hanya memiliki kapasitas 100 cc, mesin CB 100 dikenal tangguh jika dengan perawatan yang baik. Selain itu, harga jual motor ini juga masih terbilang cukup mahal. Banyaknya penggemar motor ini membuat banyak orang membuat modifikasi dari motor lain agar nampak seperti Honda CB 100.

Demikian 4 motor klasik yang masih digemari oleh banyak orang. Kamu suka yang mana?   

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak