alexametrics

Coba 5 Hal Ini Supaya Kafe Milikmu Terus Dibanjiri Pengunjung

Xandra Junia Indriasti
Coba 5 Hal Ini Supaya Kafe Milikmu Terus Dibanjiri Pengunjung
Ilustrasi Kafe (freepik)

Kafe meruoakan suatu tempat yang didedikasikan untuk berkumpul dengan santai. Di Indonesia sendiri, usaha jenis ini sudah menjamur hingga tak bisa lagi terhitung oleh jari.

Namun, sepertinya tidak semua kafe bisa laku dan dikunjungi banyak orang. Mungkin karena kebanyakan dari para pengusaha di bidang ini tidak menerapkan berbagai hal penting. Misal, 5 poin di bawah ini yang dapat menarik pengunjung untuk terus datang.

1. Konsep Unik

Pada dasarnya, kafe memang dibangun untuk tempat bersantai dengan menikmati berbagai menu-menu ringan. Namun, konsep tetap diperlukan agar pengunjung tidak merasa bosan. Pilih yang tentunya berbeda dari para pesaing.

Di era sekarang, mereka membutuhkan tempat nongkrong yang juga bisa diabadikan momennya. Kemudian, membagikannya dalam bentuk foto atau video pada media sosial.

Kamu dapat mencoba tema unik yang belum pernah ada di daerahmu atau bahkan Indonesia. Carilah referensi dari berbagai kafe di luar negeri. Tentukan konsep yang mampu menarik banyak pengunjung hingga mereka merasa betah dan ingin kembali lagi kesana.

Dengan begitu, pengunjung yang datang bisa menjadikannya rekomendasi bagi orang lain, sehingga usahamu tersebut semakin dikenal dan laris. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk menambah biaya promosi, bukan?

2. Menu Variatif

Kafe identik dengan kopi dan juga makanan ringan, seperti kentang goreng. Keduanya bisa dikatakan telah menjadi menu umum karena kebanyakan pengusaha di bidang ini pasti menyediakannya. Untuk itu, kamu perlu lebih variatif.

Misal, jenis minuman dan camilan yang sekiranya disukai banyak orang. Perlu diperhatikan juga siapa target pasarmu. Satu contoh untuk orang tua, bisa kamu sediakan menu nostalgia, seperti susu jahe, pisang rebus, dan sejenisnya. 

Nah, dengan memiliki menu yang jauh lebih variatif, pesaing pasti akan tertinggal jauh. Terlebih jika kamu sebelumnya paham apa yang disukai rata-rata dari target pasar tersebut. Dijamin mereka akan menjadikanmu langganan.

3. Harga Murah

Tak hanya variatif, orang-orang juga sangat senang dengan harga murah. Oleh karenanya, tentukan tarif yang tidak terlalu menguras kantong para pengunjung. Namun, tetap jangan lupakan kualitas agar mereka bisa betah akan menu-menu yang kamu sediakan.

Jika sudah dihadapkan dengan menu lezat dan harganya murah, orang-orang akan sulit untuk menolak, bukan? Maka dari itu, pastikan kamu menerapkannya guna menarik minat calon konsumen untuk membelinya.

4. Sediakan Internet Gratis

Apapun yang dibagikan secara cuma-cuma akan disenangi banyak orang, termasuk internet. Guna kafe terus laris, kamu dapat memasang wifi gratis yang bisa diakses oleh para pengunjung. Mengingat sekarang ini segalanya serba menggunakan teknologi dan internet.

Jadi, internet gratis ini seperti menjadi suatu kebutuhan bagi tiap orang. Terlebih jika kecepatannya diatas rata-rata, kafe milikmu akan penuh dengan aktivitas selama jam operasional.

5. Sajikan Hiburan

Selain internet gratis, kamu juga bisa menyajikan hiburan lain. Misal, pertunjukan musik atau berbagai permainan, seperti ular tangga, gaple, monopoli, bola bekel, dan lain-lain. Selain unik, kamu bisa meningkatkan mood para pengunjung yang mungkin bosan jika hanya saling berbincang.

Dengan begitu, usaha kafe milikmu tersebut akan mendapat respon baik dan membuat pengunjung terus kembali berdatangan. Bahkan, mereka bisa saja mengajak orang lain untuk menikmati keseruan disana.

Itulah kelima hal yang bisa diterapkan jika ingin usaha kafemu terus laku dan dikunjungi banyak orang. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak